HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Getaran Akibat Pesawat Jatuh, Warga Sempat Berfikir Gempa Bumi

7

HARIANACEH.co.id – Pesawat latih tempur jenis Super Tucano TT-3108 milik TNI Angkatan Udara jatuh di permukiman warga di Jalan Laksda Adi Sucipto RT03/RW05, Kelurahan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu 10 Februari.

Menurut nformasi yang terkumpul hingga saat ini, pesawat latih jatuh pukul 09.50 WIB. Pesawat diduga mengalami gangguan di bagian mesin sebelum jatuh menimpa rumah warga.

Personel TNI dan Polri tiba di lokasi pukul 10.15 WIB. Petugas dibantu mobil pemadam kebakaran mensterilkan lokasi dan mengevakuasi korban.

“Ada suara keras dan diikuti asap pekat. Bau avtur juga menyengat dari lokasi,” kata Yosua, saksi di lokasi jatuhnya pesawat, Rabu (10/2/2016).

Warga lainnya, Darmuji mengatakan, pesawat dari arah Barat jatuh dalam keadaan menukik. Ia mengaku tak sempat melihat Pilot dan Co-pilot menyelamatkan diri menggunakan kursi pelontar.

“Tidak ada suara ledakan, tapi terdengar suara keras,” kata Darmuji.

Pesawat nahas Super Tocano buatan Brasil itu menimpa rumah Mujianto. Hingga kini, petugas masih mengevakuasi puing-puing pesawat.

Sementara, warga lainnya, Riski Amanah, mengatakan getaran akibat pesawat jatuh itu terasa hingga radius 100 meter dari lokasi.

“Kebetulan saya di dalam rumah. Semula saya duga gempa bumi, ternyata ada pesawat terjatuh,” kata Riski.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari TNI Angkatan Udara. Data sementara, ada tiga orang korban akibat pesawat jatuh yakni Pilot Mayor Pnb Ivy Safatilah, Co-pilot Saiful, dan seorang warga Erna Wahyu Ningtyas, 48.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time