HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sekolah di Oxford Terpaksa Ganti Nama Karena Dikaitkan dengan ISIS

1

HARIANACEH.co.idSekolah di kota Oxford, Inggris, terpaksa mengubah nama setelah menerima menjadi bahan ejek-ejek bahwa mereka melatih para teroris.

Nama sekolah ini adalah Isis Academy dan nama Isis sebenarnya diambil dari nama anak Sungai Thames, yang mengalir tak jauh dari lokasi sekolah.

Tapi sejak kelompok yang menamakan diri Negara Islam, yang juga dikenal dengan ISIS, banyak muncul di pemberitaan, pihak sekolah kemudian memutuskan mengganti nama menjadi Iffley Academy.

“Mereka yang tidak tahu banyak tentang sekolah kami biasanya akan bertanya apakah kami melatih para teroris,” kata Kay Willett, kepala sekolah Iffley Academy, kepada harian The Daily Mail.

Sebelum memutuskan untuk mencari nama baru, Willett menulis nama Isis Academy di mesin pencari dan hasilnya foto-foto muridnya disandingkan dengan foto-foto tersangka anggota kelompok ISIS.

“Murid-murid menerima banyak komentar negatif soal sekolah mereka, padahal sebenarnya mereka sangat bangga bisa bersekolah di sini,” kata Willett.

Isis Academy bukan lembaga atau perusahaan pertama yang harus mengubah nama karena kebetulan memiliki nama yang sama dengan kelompok militan di Irak dan Suriah tersebut.

Tim dayung Universitas Oxford juga tak lagi memakai nama Tim Isis, karena tak ingin ‘mempopulerkan kelompok militan’.

Tapi perusahaan Isis Electrical, juga di Oxford, memutuskan untuk tetap memakai nama tersebut.

“Ini bukan hal yang serius, ini masalah kecil. Selain itu, orang juga makin banyak yang memilih memakai nama ‘Daesh’, bukan ISIS,” kata Chris Carey, pegawai Isis Electrical.

loading...