HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Untuk Atasi Virus Zika, Obama Akan Meminta Rp24 triliun

1

HARIANACEH.co.id — Pemerintahan Obama akan meminta Kongres Amerika Serikat memberikan dana darurat sebesar US$1,8 miliar atau Rp24 triliun untuk mengatasi virus Zika.

Virus yang menyebar terutama lewat nyamuk Aedes aegypti tersebut, telah menyebar dengan cepat di benua Amerika.

Hal ini dikaitkan dengan kondisi mikrosefali, di mana bayi lahir dengan otak yang tidak berkembang dengan baik.

Dana tersebut akan dipakai untuk usaha mengatasi nyamuk dan program penelitian vaksin selain inisiatif lain.

Gedung Putih menyatakan sebagian dana akan dipakai untuk “meningkatkan kemampuan negara korban Zika agar dapat lebih baik menghadapi nyamuk dan pengontrolan transmisi” virus.

Virus tersebut saat ini menyebar ke pasien baru di 26 negara di benua Amerika, menurut Pan American Health Organization.

Selain itu, US Centers for Disease Control (CDC) memastikan 50 kasus virus di Amerika Serikat di antara orang-orang yang mengunjungi kawasan terkena dan kembali ke AS.

Terjadi peningkatan kekhawatiran bahwa iklim yang semakin hangat di belahan utara dunia akan membuat nyamuk semakin aktif, sehingga transmisi lokal akan menjadi masalah, terutama di AS bagian selatan.

Minggu lalu, kasus pertama Zika yang ditransmisikan secara lokal dilaporkan terjadi di Dallas, Texas. Dalam kasus ini, virus menyebar lewat kontak seksual, bukan gigitan nyamuk.

loading...