HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Karena Dukung Kurdi, Amerika Serikat Tuai Kecaman dari Turki

2

HARIANACEH.co.id — Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengecam Amerika Serikat terkait dukungannya terhadap kelompok terbesar Kurdi Suriah.

Sikap AS yang tidak menyatakan Partai Serikat Demokratik (PYD) sebagai kelompok teroris telah menciptakan “lautan darah”, katanya.

Turki menyatakan PYD, yang diandalkan AS untuk menghadapi kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS, adalah cabang dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

Pernyataan Erdogan dikeluarkan sementara Turki menghadapi tekanan agar mengizinkan masuk 30.000 pengungsi Suriah yang terjebak di perbatasan.

Pengungsi berusaha meloloskan diri setelah pasukan pemerintah Suriah bersama milisi pro-Iran, yang didukung serangan udara Rusia, mengepung daerah kekuasaan pemberontak di kota Aleppo di bagian utara yang telah terpecah-belah.

Lebih 500 orang, termasuk puluhan warga sipil, tewas sejak serangan yang dimulai 10 hari lalu, menurut kelompok pengamat yang bermarkas di Inggris, Syrian Observatory for Human Rights.

Sementara itu Dokter Lintas Batas (Medecins Sans Frontieres, MSF) memperingatkan perang memperparah sistem layanan kesehatan yang memang sudah bermasalah di kota perbatasan, Azaz.

loading...