HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mahathir Mohamad Akhirnya Mengundurkan Diri dari Partai UMNO

2

HARIANACEH.co.id – Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan mantan petinggi partai Khairuddin Abu Hassan keluar dari Partai United Malay National Organisation (UMNO).

“Saya tidak akan menyebutnya UMNO lagi, ini adalah partai (Perdana Menteri Malaysia) Najib Razak. Saya merasa malu bahwa pernah terkait dengan partai yang mendukung korupsi. Saya benar-benar malu,” ujar Mahathir Mohamad, seperti dikutip Channel News Asia, Selasa (1/3/2016).

“Benar-benar memalukan melihat apa yang terjadi saat ini. Saya memutuskan untuk tidak lagi menjadi bagian dari partai, jadi yang bisa dilakukan saat ini adalah meninggalkan partai,” lanjutnya.

“Saya menyerah dengan Partai Najib. Tidak ada lagi partai UMNO,” tegas Mahathir.

Dalam pernyataan yang lebih keras, Mahathir menuduh PM Najib telah membajak UMNO untuk memperkuat posisinya di kekuasaan. Selain itu PM Najib juga dituduhnya sengaja mengamankan diri dari skandal korupsi yang melingkupi lembaga 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

“Saat ini, sayat tengah memastikan bahwa Najib tidak akan lagi menjadi perdana menteri dari negeri ini,” pungkas Mahathir.

Mahathir membantah bahwa keluarnya dari Partai UMNO merupakan bentuk kekecewaan bahwa putranya, Mukhriz Mahathir tidak diangkat sebagai perdana menteri. Pada Februari lalu, Mukhriz mengundurkan diri dari jabatan sebagai Menteri Kepala Negara Bagian Kedah.

Adapun alasan utama Mahathir untuk keluar tidak lepas dari keputusan UMNO yang mengeluarkan mantan Deputi Perdana Menteri Muhyiddin Yassin. Muhyiddin selama ini kerap berpidato dan mengeluarkan komentar kritis terhadap PM Najib.

loading...