HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Parlemen Iran Dikuasai Kelompok Reformis dan Moderat

3

HARIANACEH.co.id – Pemilu Iran baru saja usai. Dari 290 kursi parlemen Iran, kelompok reformis yang mendukung Presiden Hassan Rouhani meraih sedikitnya 85 kursi. Sementara kelompok moderat-konservatif yang mendukung perjanjian nuklir, mendapat 73 kursi.

Hasil resmi pemilu yang diumumkan pada Senin 29 Februari menunjukkan sejumlah tokoh Iran yang reformis dan relatif moderat, yang mendukung perjanjian nuklir tahun lalu, memenangkan mayoritas kursi di parlemen. Selain itu, sebuah badan yang bertugas memilih pemimpin tertinggi berikutnya juga menang. Hasil dari pemilu tersebut bisa dianggap sebagai kemunduran bagi kelompok garis keras yang menentang perjanjian nuklir itu.

Kementerian Dalam Negeri Iran yang mengumumkan hasil pemilu melalui stasiun televisi pemerintah, menunjukkan bahwa kelompok reformis terus memberikan dukungan kepada Presiden Iran Hassan Rouhani. Dengan 85 kursi yang diraih dalam parlemen, tentunya kelompok ini akan terus mendukung perluasan kebebasan sosial dan keterlibatan dengan Barat

“Kelompok moderat-konservatif yang memisahkan diri dari kelompok garis keras dan mendukung perjanjian nuklir, mendapat 73 kursi. Dengan gabungan kedua kelompok itu mereka menguasai kursi mayoritas di parlemen yang terdiri dari 290 kursi itu,” pengumuman media Iran, seperti dikutip VOA Indonesia, Selasa (1/3/2016).

“Sayangnya untuk kelompok garis keras hanya mendapat 68 kursi. Raihan ini turun dari jumlah kursi di parlemen saat ini yang mencapai 112 kursi,” lanjutnya.

Adapun lima kursi akan diberikan kepada kelompok keagamaan minoritas dan sisa 59 kursi akan diputuskan dalam pemilu putaran kedua yang tampaknya akan dilangsungkan April nanti.

Tidak satu pun dari tiga kelompok politik utama itu yang akan mendominasi parlemen mendatang, dan majelis ini akan lebih bekerja sama dengan Presiden Hassan Rouhani. Terpilih pada 2013, Rouhani berjanji akan melonggarkan pembatasan-pembatasan kebebasan berpendapat dan memulihkan hubungan dengan Barat.

loading...