HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penyelenggaraan Pemilu Diapresiasi Wapres Jusuf Kalla

1

HARIANACEH.co.id – Penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) dinilai telah terlaksana dengan baik. Meski terdapat beberapa konflik kecil, namun secara keseluruhan penyelenggaraan pemilu berjalan dengan aman dan tertib.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Dua penyelenggara pemilu itu dinilai telah membawa demokrasi ke dalam sendi kehidupan masyarakat.

“Kita bersyukur telah berlangsung dengan aman dan baik. Terima kasih telah menjaga hal itu, karena tanpa penyelenggaraan dan pengawasan yang baik maka masyarakat sulit mengikuti pemilu yang demokratis dan baik,” ujar JK dalam Bawaslu Award 2016 di Balai Sarbini, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (29/2/2016).

Menurut JK, dalam proses demokrasi pasti selalu ada pihak yang keberatan. Bahkan suami Mufidah Jusuf Kalla ini juga pernah melayangkan protes saat dirinya kalah dalam pemilihan presiden 2009 lalu.

“Saya juga dulu pernah protes juga waktu kalah. Rasanya kurang sah kalau tidak protes, setidaknya menguji juga MK (Mahkamah Konstitusi) adil atau tidak. Tapi pemilu ini berjalan baik dan tidak memakan korban,” tutur JK.

Di sela-sela acara, JK sempat memberi penghargaan Bawaslu Award 2016 kepada pemerintah daerah yang telah mendukung dan memberi fasilitas dalam penyelenggaraan pemilu. Selain itu, diberikan juga penghargaan pada pengawas pemilu daerah.

Ini daftar penerima Bawaslu Award 2016:

  1. Kategori Pemerintah Provinsi yang mengakomodasi anggaran pengawasan Pilkada terbaik, Sulawesi Tengah
  2. Kategori Pemerintah Kabupaten yang memfasilitasi anggaran pengawasan Pilkada terbaik, Belitung Timur, Bangka Belitung
  3. Kategori Pemerintah Kota yang memfasilitasi anggaran pengawasan Pilkada terbaik, Cilegon, Banten
  4. Kategori Pengawas pemilihan kecamatan terbaik, Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah
  5. Kategori Pengawas pemilihan lapangan terbaik, Keluharan Tanjung Ungga, Bukit Bestari, Kepulauan Riau
  6. Kategori Pengawas TPS Pilkada terbaik, TPS 14 Kelurahan Ranai Kota, Natuna, Kepulauan Riau
loading...