HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ada Rp385 Miliar Dana Yang Diwariskan Osama bin Laden untuk Terorisme

2

HARIANACEH.co.id – Pemimpin Al Qaeda yang tewas dalam operasi pasukan Amerika Serikat (AS), Osama bin Laden dikabarkan meninggalkan warisan besar untuk digunakan dalam kegiatan teror.

Dalam surat wasiat yang ditinggalkan Bin Laden, diindikasikan keberadaan dana sebesar USD29 juta atau sekitar Rp385 miliar di Sudan. Surat wasiat itu juga berisi instruksi bagaimana uang itu harus dihabiskan.

Salah satu wasiat utama dari Bin Laden adalah uang itu harus digunakan untuk melanjutkan aksi teror di seluruh dunia. Wasiat ini didapat dari dokumen yang dirilis oleh pihak AS, ketika melakukan penyerangan di tempat persembunyiannya di Abbottabad, Pakistan pada 2011.

Wasiat bertuliskan tangan itu ditemukan bersama dengan 112 dokumen lainnya dan dirilis pada Selasa 2 Maret oleh Kantor Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS). Dokumen yang dirilis itu termasuk pesan dari para pengikutnya yang ingin melakukan aksi bom bunuh diri. Dokumen menunjukkan pengakuan Bin Laden bahwa AS dan Iran bermaksud ingin berperang.

Fail yang ditemukan juga menunjukkan bahwa Bin Laden khawatir dengan kondisi keamanannya di saat CIA yang makin sering menggunakan pesawat tak berawak atau drone. Selain itu, dari dokumen juga menunjukkan bagaimana Bin Laden makin terputus dari kelompoknya dan Al Qaeda pun makin tergerus. Bin Laden pun mendesak para wakilnya untuk meningkatkan operasi dan mengisi posisi yang kosong dengan rekrutmen yang berkompeten.

Disebutkan dalam dokumen itu, Bin Laden terus berupaya mengatur pergerakan Al Qaeda dari tempat persembunyian di Abbottabad. Di tempat persembunyian itu, Bin Laden tewas dalam penyerangan dari pasukan Navy SEAL pada 2011.

Wasiat yang tidak bertanggal itu diterjemahkan oleh analis intelijen AS. Wasiat juga menyebutkan keinginan Bin Laden bahwa Al Qaeda akan tetap melanjutkan misi setelah kematiannya.

“Saya Osama bin Muhammad ‘Awadh Bin’ Abud Bin Laden, bertandatangan di bawah ini,” awal dari dari dokumen wasiat itu, seperti dikutip Associated Press, Rabu (2/3/2016).

Meskipun menyebutkan uang sebesar USD29 juta berada di Sudan, tetapi tidak jelas lokasi penyimpanan dari uang itu. Tidak diketahui juga apakah dana itu berbentuk uang tunai, simpanan ataupun properti.

Sudah dikenal sejak lama bahwa keluarga Bin Laden merupakan pengusaha konstruksi ternama di Arab Saudi. Perusahaan ini kerap melakukan proyek bagi keluarga Kerajaan Arab Saudi.

Namun Osama bin Laden sendiri dikeluarkan dari Arab Saudi dan pergi ke Sudan.

Wasiat itu berlanjut,”bagi keluarga saya yang mengklaim untuk warisan ini, harus mengikuti wasiat yang saya tinggalkan dan menggunakan seluruh peninggalan ditinggalkan di Sudan untuk kepentingan aksi (teror)”.

Tidak diketahui asal kekayaan dari Osama bin Laden sendiri. Meskipun Pemerintah AS dan negara lain sudah membekukan dana miliknya, khususnya jaringan keuangannya.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat