HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

76 Militan ISIS Dibunuh Pasukan Kurdi YPG

1

HARIANACEH.co.id – Pasukan Kurdi “Unit Perlindungan Rakyat” atau YPG berhasil menghalau pergerakan kelompok militan Islamic State (ISIS) yang berusaha masuk ke Suriah dari Turki dengan membunuh 76 anggotanya.

YPG membunuh mereka yang berusaha menyeberangi perbatasan Turki menuju Tal Abdhyad di provinsi Raqqa, Suriah utara, Rabu (3/3/2016).

Menurut laporan beberapa sumber di lapangan, pertempuran dengan berakhir dan pemerintah Suriah menerapkan jam malam di area tersebut.

“Area luas antara kota Tal Abdyadh dengan al-Kantari dan dekat jalan raya Raqqa-Turki adalah area baku tembak sengit YPG melawan militan,” kata beberapa sumber itu, seperti dikutip Farsnews.

“Sejumlah anggota ISIL meninggalkan 10 rekannya yang tewas dan melarikan diri ke posisi aman,” sambung dia, menggunakan akronim lain dari ISIS.

Dalam beberapa laporan media lokal, pasukan Suriah dan sekutunya bergerak ke area Aleppo dan Hama untuk melancarkan operasi anti-terorisme gabungan. Ini merupakan bagian dari usaha membebaskan lebih banyak lahan dari ISIS.

Salah satu target pasukan rezim adalah menyerang bagian barat provinsi Raqqa dan membebaskan bandara militer Tabaqa.

ISIS menguasai banyak wilayah di Irak dan Suriah sejak mendeklarasikan kekhalifahan sejak 2014.

Sejak lima hari terakhir, gencatan senjata yang diprakarsai Amerika Serikat dan Rusia diberlakukan di Suriah. Gencatan senjata berlaku bagi pasukan rezim Suriah dengan pemberontak. ISIS dan grup Al-Nusra Front tidak dilibatkan dalam gencatan senjata ini.

loading...