HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Korut Lepaskan Tembakan Artileri Setelah Dijatuhkan PBB Sanksi

2

HARIANACEH.co.id – Korea Utara (Korut) melepaskan tembakan proyektil jarak pendek di wilayah perairannya. Tembakan dilepaskan usai PBB menerapkan sanksi baru terhadap Korut.

Kabar ini dilaporkan oleh Kementerian Pertahanan Korea Selatan (Korsel). Mereka menyebutkan ada enam proyektil yang memiliki jarak 100-150 kilometer ditembakkan ke wilayah Laut Timur (Laut Jepang).

“Pihak kementerian masih memeriksa apakah proyektil itu berupa rudal atau roket,” ujar Juru Bicara Kementerian Pertahanan Korsel Moon Sang-Gyun, seperti dikutip AFP, Kamis (3/3/2016).

“Militer Korsel masih memonitor keadaan dan pergerakan dari Korut,” lanjutnya.

Pihak Korut secara reguler melepaskan tembakan rudal atau roket untuk menunjukkan ketidaksukaannya terhadap Korsel ataupun dunia internasional.

Adapun sanksi yang diterapkan oleh Dewan Keamanan PBB (DK PBB) pada Rabu 2 Maret, merupakan sanksi yang paling keras ditujukkan kepada Korut. Sanksi dijatuhkan setelah Korut melakukan uji nuklir pada 6 Januari dan tes roket jarak jauh pada Februari lalu.

Korsel bersama dengan Jepang mendorong anggota DK PBB untuk mengadopsi resolusi sanksi baru untuk Korut. Mereka pun memuji langkah yang diambil oleh DK PBB.

“Jepang mendesak agar Korut mematuhui peringatan keras dan kecaman yang terus menerus dilontarkan oleh dunia internasional,” tutur Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Abe memperingatkan Korut untuk mematuhi resolusi itu tanpa melakukan tindakan provokatif lain. Sanksi ini termasuk pelarangan banyak keperluan yang bisa digunakan untuk keperluan militer, kecuali makanan atau obat-obatan.

loading...