HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pasukan Prancis Bunuh Komandan Al Qaeda Spanyol

1

HARIANACEH.co.id – Pasukan Prancis berhasil menewaskan seorang warga Spanyol yang menjadi komandan kelompok teroris Al Qaeda di Mali.

Kelompok Al Qaeda wilayah Islamic Maghreb (AQIM), sudah meningkatkan aksi terornya di wilayah Afrika Utara. Dua serang dilakukan AQIM di Mali dan Burkina Faso pada November dan menewaskan setidaknya 50 orang.

“Kematian dari Abu al-Nur al-Andalusi terjadi di saat serangan pasukan Prancis ke arah pertemuan anggota Al Qaeda di utara Mali,” ujar lembaga intelijen Spanyo, AICS, seperti dikutip Reuters, Kamis (3/3/2016).

Menurut Kepala AICS Salvador Burguet, Al-Nur diketahui sebagai pria berusia 35 tahun dan berasal dari Melilla. Wilayah merupakan otonomi Spanyol di Afrika Utara.

“Selama beberapa tahun terakhir, Al-Nur memimpin sebuah Katiba atau brigade yang terdiri dari 25 orang. Mereka beroperasi di wilayah gurun wilayah utara Timbuktu,” imbuh Burguet.

Pejabat keamanan lain di Mali mengonfirmasi kematian dari Al-Nur. Pasukan Prancis diketahui melakukan operasi di Gao dan Timbuktu pada awal pekan ini. Tidak diketahui berapa banyak militan yang tewas dalam operasi itu.

loading...