HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penembakkan Rudal ke Arah Jepang Diperintahkan Kim Jong-Un

4

HARIANACEH.co.id – Di tengah penerapan sanksi baru dari PBB kepada Korut, Negara Komunis itu pun melepaskan tembakan artileri mengarah ke Jepang. Ini ada perintah dari Kim Jong-Un.

Penembakkan artileri itu merupakan bentuk perlawanan Korut terhadap sanksi baru tersebut. Namun dikhawatirkan ulah Korut tersebut bisa memicu konflik besar di kawasan Asia.

Sepertinya perintah penembakkan artileri ini berasal dari Kim Jong-Un langsung. Diarahkannya artileri itu ke Laut Jepang menunjukkan ketidaksukaan Jong-Un terhadap Jepang yang menginisiasi resolusi sanksi baru terhadap Korut. Demikian diberitakan Telegraph, Kamis (3/3/2016).

Resolusi sanksi itu muncul setelah negosiasi antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS). Namun Jepang bersama Korea Selatan (Korsel) mendorong dikeluarkannya sanksi tersebut.

Melalui sanksi terbaru ini, seluruh kargo yang datang dan pergi dari Korut harus diperiksa. Selain itu, Korut juga dilarang untuk mengekpor besir, biji besi dan batu bara. Padahal pendapatan Korut dari batu bata bisa mencapai sekitar 710 juta per tahunnya.

Para petinggi militer Korsel tengah menilai peluncuran rudal yang dilakukan oleh Korut ke arah Jepang. Tidak dijelaskan apakah rudal itu hanya sebuah artileri atau rudal jarak pendek.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat