HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pesawat Mendarat Darurat Karena Awak Kabin Sengaja Sulut Api

4

HARIANACEH.co.id – Seorang awak kabin yang memaksa untuk pesawat mendarat darurat. Awak kabin yang merupakan pramugara itu bahkan sengaja menyulut api di atas pesawat.

Seperti dilansir Mirror, Kamis (3/3/2016), Jonathan Tafoy-Montano mengaku kepada agen FBI dirinya sengaja membakar toilet pesawat.

Maskapai American Airlines dari Dallas, Texas tengah mendekat ke Bandara Metropolitan Detroit ketika Tafoy-Montano menyampaikan laporan kebarakan itu. Pria itu menyebutkan api tampak di pesawat.

Mendapatkan laporan itu, pilot kemudian mengumumkan insiden kepada menara pengawas. Pilot pun mendapatkan izin untuk mendarat lebih cepat.

Pesawat kemudian berhasil mendarat tanpa insiden. Sementara penumpang juga meninggalkan pesawat tanpa ada luka.

FBI menyebutkan bahwa Tafoya-Montano awalnya berbohong mengenai asal usul api tersebut.  Pramugara itu pun memberikan keterangan yang tidak jelas.

Namun ketika pengadilan menyidangnya, pramugara itu mengaku menyulut api dengan sengaja. Hal itu juga terkuak dalam penyelidikan yang dilakukan FBI.

“Tafoya-Montano didakwa atas perusakan pesawat atau fasilitas pesawat dan memberikan keterangan palsu. Dia ditangkap pada 1 Maret dan sudah ditahan untuk keperluan penyelidikan,” ujar pihak FBI.

Tetapi Tafoya-Montano dibebaskan dengan jaminan dan diberikan syarat. Salah satu syarat adalah dirinya dilarang untuk terbang tanpa ada izin dari pengadilan.

loading...