HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini Fakta-Fakta Unik Tentang Majalah TIME

2

HARIANACEH.co.id – Majalah berita mingguan Time kerap dijadikan rujukan tentang banyak hal teknis oleh komunitas jurnalistik. Isu yang diangkat, berita-berita yang disajikan, cara penyajiannya hingga grafis dan foto-fotonya.

Tahun ini majalah yang terbit perdana pada 3 Maret 1923 oleh Briton Hadden dan Henry Luce itu berusia 93 tahun. Ada banyak ragam fakta yang menarik. Lima di antaranya adalah berikut ini;

Edisi perdana

Sampul edisi perdana Majalah Time menampilkan wajah Ketua DPR Amerika (1836-1926), Josep Gurney Cannon. Isu utama Time saat itu adalah dinamika politik AS yang seru usai Perang Dunia I.

Selain soal politik, dalam edisi ini juga dibahas tentang helikopter pertama yang sukses terbang selama 2 menit 45 detik pada ketinggian 15 kaki atau sekitar 4,5 meter. Helikopter tersebut diciptakan Dr Bothezaat atas bantuan Thomas A. Edison.

Gaya sajian

Salah satu pendiri Time, Briton Hadden adalah orang yang periang dan ingin penyajian berita yang ringan sehingga mudah dicerna tapi tetap dengan kedalaman. Di sisi lain ini membuat Time kerap dianggap ‘terlalu ringan’ untuk berita-berita serius sekalipun.

Person of the Year

Salah satu sajian khas adalah Person of the Year yang menampilkan 100 orang news maker dunia. Baik itu pria, wanita, pasangan, kelompok, gagasan, tempat atau mesin yang pada tahun bersangkutan menjadi berita besar. Baik itu yang terbaik maupun terburuk.

Batal

Pada edisi Person of The Year 2010, majalah kondang ini mendapatkan cukup banyak kritik. Pasalnya, dalam edisi itu Time membatalkan pendiri situs Wikileaks, Julian Assange sebagai orang paling top. Posisi Assange justru diganti oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg yang sebelumnya justru hanya menempati posisi kesepuluh.

Banyak pihak menuding Time membatalkan Asange sebagai pemenang lantaran tekanan-tekanan yang dari Pemerintah AS.

Majalah TIME

Presiden Indonesia

Majalah Time pernah mengangkat seluruh wajah Presiden Indonesia di bagian sampul. Yang pertama, wajah Presiden Soekarno tampil pada edisi 10 Maret 1958. Soeharto pada 15 Juli 1966, B.J Habibie pada edisi Juni 1998, Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarnoputri pada edisi November 1999 dan Agustus 2001, Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 Januari 2005.

Sementara terakhir, Presiden Joko Widodo pada edisi 27 Oktober 2014 dengan judul “A NEW HOPE-Indonesian President Joko Widodo is A Force for Democracy”.

loading...