HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Maskapai Air France Hampir Saja Bertabrakan dengan Drone

1

HARIANACEH.co.id – Sebuah pesawat milik maskapai Air France hampir saja bertabrakan dengan sebuah pesawat tak berawak atau drone.

Pesawat komersil itu terbang di ketinggian 5.500 kaki saat hendak mendarat di Bandara Charles de Gaulle, Paris pada 19 Februari. Namun ko-pilot menyadari adanya drone yang datang dari sisi kiri.

Kemudian ko-pilot menonaktifkan pilot otomatis dan melakukan manuver menghindar. Di saat bersamaan, ko-pilot juga memperingatkan pilot mengenai keberadaan pesawat tak berawak itu.

“Pilot memperkirakan drone itu melintas  sekitar lima meter di bawah sayap kiri pesawat,” pernyataan pihak badan penyelidik penerbangan Prancis (BEA), seperti dikutip AFP, Jumat (4/3/2016).

Awak kokpit kemudian melaporkan kejadian itu kepada pengawas bandara di darat. Kemudian pesawat berjenis Airbus A320 itu melanjutkan pendaratan dengan aman.

BEA menggambarkan insiden ini sebagai peristiwa serius. Tidak dijelaskan jumlah penumpang saat kejadian berlangsung. Namun sebuah pesawat jenis A320 bisa membawa 160 penumpang.

Sebelumnya pada Februari lalu kelompok industri penerbangan IATA memperingatkan bahwa drone milik sipil makin mengancam keamanan industri penerbangan sipil.

loading...