HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penguasa Korut Perintahkan Senjata Nuklir Korut Disiagakan

1

HARIANACEH.co.id – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un memerintahkan pasukannya untuk menyiagakan senjata nuklir. Perintah dikeluarkan menyusul sanksi baru yang dikeluarkan PBB terhadap Korut.

“Hulu ledak nuklir Korut harus disiagakan agar bisa ditembakkan kapan pun,” ujar Kim Jong-Un, kepada kantor berita KCNA, seperti dikutip AFP, Jumat (4/3/2016).

Menurut putra dari mantan pemimpin Korut Kim Jong-Il ini, situasi di Semenanjung Korea saat ini makin berbahaya. Hal tersebut yang mendorongnya untuk mengubah strategi militer ke arah yang lebih siaga.

Namun diperkirakan ancaman terbaru dari Jong-Un itu dianggap sebagai retorika belaka. Ancaman ini muncul di saat ketegangan yang meningkat di Korut.

Meski saat ini Korut diketahui memiliki hanya sedikit cadangan hulu ledak nuklir, para ahli terbagi mengenai kemampuan dari hulu ledak tersebut. Washington pun meremehkan ancaman terbaru dari Kim Jong-Un itu.

“Kami tidak melihat uji coba nuklir Korut memiliki kemampuan untuk memuat hulu ledak nuklir di sebuah rudal balistik,” sebut seorang pejabat Kementerian Pertahanan AS.

“Tetapi, pasukan kami siap untuk melakukan perlawananan balik jika diperlukan,” tegasnya.

Sementara menurut KCNA melontarkan ancaman di saat mengawasi uji coba peluncur roket yang baru pada Kamis 3 Maret. Uji coba itu dilakukan beberapa jam setelah PBB menerapkan sanksi baru kepada Korut.

Menurut Kementerian Pertahanan Korsel, Korut meluncurkan sekitar enam roket ke wilayah Laut Timur. Roket itu diarahkan oleh Korut ke Jepang.

loading...