HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Awas! Keyboard dan Mouse Nirkabel Punya Celah Bagi Hacker

3

HARIANACEH.co.id – Firma keamanan siber, Bastille melaporkan perangkat periperal nirkabel tanpa konektivitas Bluetooth beresiko menjadi alat penyebaran virus MouseJack.

Seperti yang dilansir Fox News, Bastille menyebut peretas dapat mengakses komputer pengguna menggunakan dongle seharga USD15 dan beberapa kode. Kode ini akan dimanfaatkan untuk menjegal frekuensi radio dongle komputer korban.

Peretas akan menjegal frekuensi radio menggunakan pita ISM 2,4GHz. Berbeda dengan Bluetooth, frekuensi radio tidak memiliki standar perlindungan untuk perangkat, sehingga masing-masing produsen menciptakan sistem keamanan mereka sendiri.

Kerentanan ini, jelas Bastille, mempengaruhi komputer bersistem operasi Windows PC, Mac dan Linux. Kerentanan ini juga mempengaruhi beberapa tipe keyboard dan mouse komputer nirkabel, termasuk Dell, Lenovo, dan Logitech.

Setelah berhasil mengakses komputer, lanjut Bastille, peretas diharuskan berada dalam jarak 100 meter di sekitar korban. Dengan demikian, peretas dapat mengambil alih dan menginfeksi komputer dengan malware.

Bastille juga mengunggah daftar merek dan perangkat yang dinilai memiliki kerentanan ini pada situs resminya.

loading...