HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kantor Surat Kabar Oposisi Diserbu Polisi Turki

1

HARIANACEH.co.id – Polisi Turki merangsek masuk ke kantor surat kabar yang miliki kaitan dengan pihak oposisi. Polisi bahkan menggunakan gas air mata dan meriam air.

Polisi pada awalnya membubarkan unjuk rasa di luar kantor surat kabar Zaman. Mereka kemudian membobol pintu masuk kantor itu dan mencari manajer surat kabar serta menggiring pekerjaannya.

Sebelumnya pengadilan mengeluarkan keputusan terhadap Zaman, yang dinilai menyuarakan kampanye ulama Fethullah Gulen. Ulama itu dianggap mencoba untuk melengserkan pemerintahan Presiden Recep Tayyep Erdogan.

Pemimpin Redaksi Zaman Abdulhamit Bilici berbicara di hadapan rekannya sebelum polisi menyerbu kantor tersebut. Dia menilai keputusan pengadilan sebagai hari gelap bagi demokrasi di Turki.

Para karyawan surat kabar itu membawa slogan yang bertuliskan,”Jangan sentuh surat kabar saya” mereka juga meneriakkan,”Pers tidak dapat dibungkam”.

Salah satu editor Zaman, Segvi Akarcemse menyiarkan penggerebekan oleh polisi itu melalui aplikasi periscope. Namun kemudian polisi menyita telepon selulernya.

“Seorang petugas polisi merebut telepon saya dengan paksa,” tulis Akarcemse, di Twitter, seperti dikutip Associated Press, Sabtu (5/3/2016).

Sementara keputusan dari pengadilan memicu kecaman dari dunia internasional. “Saya melihat ini sebagai interfensi serius terhadap kebebasan media yang seharusnya mendapat tempat di dunia demokrasi,” tutur Komisioner Dewan HAM Eropa Nil Muiznieks.

“Ini adalah pelarangan atas kebebasan media yang kembali terjadi di Turki,” lanjutnya.

Repoters without Borders mengeluarkan kecaman keras terhadap Presiden Erdogan. Menurut mereka Erdogan menerapkan prinsip otoriter di Turki.

loading...