HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Lebih Berwarna dan Tanpa Batas Itulah Microsoft Office 2016

3

HARIANACEH.co.id – Microsoft kembali menghadirkan versi terbaru dari salah satu produk unggulannya, Office 2016. Pada versi terbaru office ini, Microsoft menghadirkan fokus yang berbeda dibandingkan dengan versi sebelumnya, yaitu Office 2016.

Berbekal beberapa perbedaan, Microsoft menawarkan kemudahan dari sisi yang juga berbeda pada Office 2016. Salah satu perbedaan yang diusungnya adalah ketiadaan batasan penggunaan software, yang sebelumnya hanya dapat digunakan pada komputer PC. Pada Office 2016, Microsoft menawarkan kemudahan mengaplikasikan dan menggunakan fitur Office pada perangkat mobileAnda.

Berbeda dengan Office 2013 yang lebih terfokus pada penyimpanan dokumen dicloud dan memperkenalkan beberapa peningkatan fitur sentuh, Office 2016 dirancang untuk menghadirkan kemudahan berbagi dokumen di seluruh perangkat. Offiice 2016 juga mengusung pemanfaatan cloud sepenuhnya.

Perbedaan lain juga terlihat dari tampilan dari tiap fitur Office, seperti Word, Excel, Powerpoint ataupun PDF. Pada Office 2016, tampilan lebih berwarna dibandingkan versi 2013. Microsoft menyediakan beberapa pilihan warna yang dapat dipilih untuk dapat mengubah warna pada bar menu di bagian atas dokumen. Selain warna, Microsoft juga menyediakan berbagai background untuk menghiasi bar menu fitur Office.

Microsoft juga menyematkan fungsi Tell Me pada menu Office 2016, seperti Word dan Excel. Pada Word, fungsi ini akan menampilkan shortcut ke fungsi atau menu sesuai dengan pertanyaan yang Anda cantumkan pada kolom fungsi tersebut. Sebagai contoh, fungsi akan menampilkan menu “add chart” jika Anda mencatumkan pertanyaan “how do i insert a chart”. Sementara pada Excel, fungsi ini akan membawa Anda langsung ke perintah yang dimaksud, tidak sekedar menunjukan letak perintah tersebut.

Fitur lain yang menjadi pembeda utama Office 2016 dari versi sebelumnya adalah coauthoring realtime. Fitur ini memungkinkan Anda membuat dokumen bersama dengan rekan dari komputer masing-masing. Fitur ini baru dapat dinikmati pada Word versi desktop, dan memungkinkan Anda melihat hal yang diketik oleh rekan secara langsung. Hanya saja, untuk memanfaatkan fitur ini, baik Anda dan rekan harus menggunakan Office 2016 dan menyimpan dokumen di salah satu layanan cloud Microsoft.

word smart lookup klik kiri

Microsoft juga menghadirkan pemanfaatan Bing dengan lebih baik di Word pada Office 2016. Melalui fitur smart lookup, Anda dapat mencari hal pada dokumen atau email ataupun mencari arti frasa. Selain itu, Microsoft tidak membekali Word dengan kamus bahasa dan akan meminta mengunduh layanan sesuai dengan bahasa yang terdeteksi saat Anda mulai menulis beberapa kalimat.

Selain fitur Tell Me, Microsoft juga membekalinya dengan kemampuan mengubah warna dan menambahkan backround serta enam tipe bagan baru, termasuktreemaps, sunbursts, dan waterfall. Uniknya, selain dapat menambahkan foto bagai lembar kerja Excel, kini tersedia juga pilihan bagan Pivot dan 3D Maps pada menu Insert. Kehadiran bagan Pivot ini menghadirkan kemudahan dalam menggabungkan data dari berbagai sumber.

excel chart PivotChart

Keamanan juga menjadi salah satu fitur unggulan pada Office 2016 ini, mengingat produk versi terbaru Office ini mengoptimalkan pemanfaatan cloud dalam menjalankan fungsinya. Juga dapat ditemukan pada menu lain, keamanan pada Word hadir dalam pengaturan perlindungan dokumen, berupa Encrypt with Password sebagai salah satu pilihan pengamanan.

Microsoft Office 2016 mampu menghadirkan pengalaman penggunaan menyenangkan berkat berbagai fitur baru yang ditawarkannya, di antaranya fiturcoauthoring dan varian bagan yang lebih banyak. Fitur kolaborasi coauthoringmampu menyuguhkan efisiensi waktu saat harus mengerjakan dokumen bersama dengan rekan dan anggota tim Anda. Namun, menggunakan Office 2016 sedikit menyulitkan bagi Anda yang belum memiliki akun berlangganan Office 365. Tanpa akun berlangganan tersebut, selain tidak dapat menikmati fitur unggulan Office 2016, Anda juga tidak dapat mengetikan satu huruf di halaman Word atau Excel Anda.

loading...