HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Tiongkok Tingkatkan Anggaran Pertahanan

1

HARIANACEH.co.id – Tiongkok dikabarkan menambah anggaran pertahanan mereka. Kali ini peningkatan mencapai 7-8 persen.

Negeri Tirai Bambu diketahui telah menumpuk sumber daya ke bidang pertahanan selama dua dekade terakhir sementara menegaskan klaim teritorial di Laut Cina Selatan. Tahun lalu Beijing meningkatkan anggaran militernya sebesar 10,1 persen, menjadi USD136 miliar.

“Angka pastinya akan dirilis Sabtu 5 Maret setelah parlemen membuka sidang tahunan,” ujar Juru Bicara Parlemen Tiongkok Fu Ying, VOA Indonesia, Sabtu (5/3/2016).

Selain meningkatkan sumber daya dalam ke bidang pertahanan, Tiongkok juga menegaskan klaim teritorial di Laut Cina Selatan.

Sementara angka tahun lalu yang mencapai USD136 juta, merupakan sekitar seperempat dari jumlah yang dihabiskan Amerika Serikat (AS) untuk pertahanan tahun lalu.

Namun para pengecam Tiongkok mengatakan belanja pertahanan Beijing lebih besar dari pada yang dilaporkan. Meskipun tidak diketahui jumlah pastinya, tampak jelas perkembangan kekuatan militer Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu, konfrontasi di Laut China Selatan dengan pembangunan pulau buatan menjadi indikasi bahwa Tiongkok berupaya memperkuat kemampuan militernya. Pekan lalu, kabar menyebutkan bahwa Tiongkok menempatkan beberapa rudal di pulau tersebut. Meskipun Tiongkok mengklaim bahwa rudal itu sudah ditempatkan sejak lama.

loading...