HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ulama Arab Saudi Ditembak Usai Beri Ceramah di Filipina

1

HARIANACEH.co.id – Seorang ulama Arab Saudi dan pejabat kedutaan negara itu terluka setelah ditembak seorang pria ketika mengunjungi sebuah universitas di kota Zamboanga, Filipina kemarin, kata polisi.

Juru bicara polisi, Helen Limen Galvez mengatakan, saat kejadian Sheikh Aaidh Al-Qarni dan pejabat kedutaan Arab Saudi, Turki Assaegh baru menaiki mobil untuk meninggalkan Universitas Negeri Barat Mindanao setelah menyampaikan satu ceramah di sana.

Katanya, tiba-tiba seorang pria menghampiri kendaraan itu dan terus menembak Sheikh Aaidh sebelum berjalan ke sisi mobil untuk menembak Turki pula.

“Kedua korban dibawa ke rumah sakit dan dikonfirmasi tidak mengalami cedera yang mengancam nyawa.

“Sheikh Aaidh terkena tembakan di bahu, lengan kiri dan dada sementara Turki terluka di paha kanan dan di kaki kiri,” katanya.

Menurutnya, anggota keamanan di lokasi itu berhasil menembak mati penyerang bersangkutan.

“Tim penyidik menemukan sepucuk pistol dan sebuah sepeda motor yang diduga digunakan penyerang.

“Polisi juga menahan dua tersangka yang dilihat bersama penyerang dan mencoba melarikan diri setelah kejadian,” jelasnya.

Polisi Filipina masih belum menyatakan motif serangan berkenaan tetapi beberapa analis keamanan mengatakan ia mungkin memiliki kaitan dengan kelompok militan Daish.

Sheikh Aaidh adalah antara ulama berpengaruh Arab Saudi dan berada dalam daftar individu yang ingin dibunuh Daish.

Militan Daish yang menguasai sebagian Irak dan Suriah menyerukan pengikutnya menyerang Sheikh Aaidh dan beberapa ulama lain karena menentang Islam.

loading...