HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Propaganda: Serangan Rusia Diakui NATO Efektif di Suriah

2

HARIANACEH.co.id – Rusia menegaskan serangan udaranya di Suriah jauh lebih efektif dari operasi militer negara lain karena adanya kerja sama erat dengan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Sebuah dokumen organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang dimunculkan oleh kantor media Jerman FOCUS menyebutkan bahwa sejumlah pakar militer negara anggota aliansi menilai keterlibatan Rusia di Suriah sangat efisien.

Isi dokumen itu muncul pada Sabtu (5/3/2016) dan dilaporkan dalam Bahasa Inggris oleh Russia Today (RT). Menurut dokumen NATO tersebut, serangan Rusia di dalam Suriah “akurat dan efisien.

Sejak 30 September hingga gencatan senjata di Suriah mulai diterapkan, 40 pesawat jet tempur Rusia melancarkan 75 misi udara per hari. Operasi militer koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) melibatkan 180 jet tempur.

Dokumen ini menunjukkan meski kehadiran Rusia di Suriah relatif kecil, tapi efisien karena frekuensi serangan yang lebih intens.

Rusia dan AS secara berkala saling menyalahkan atas serangan udara masing-masing, yang dituding mengenai populasi warga sipil.

Belum lama ini kedua negara saling melontarkan tanggung jawab atas pengeboman di sebuah rumah sakit Doctors Without Borders di Aleppo.

Duta Besar Suriah untuk Rusia Riad Haddad menyebut bahwa menyalahkan Rusia atas serangan udara di Suriah adalah bagian dari perang informasi yang didukung AS terhadap Moskow.

Baik Rusia dan AS sama-sama menghentikan serangan udara sebagai bagian dari gencatan senjata, yang disebut PBB sebagai harapan terbaik untuk mengakhiri konflik berusia lima tahun di Suriah.

loading...