HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

18 Pengungsi Tewas Akibat Tenggelamnya Kapal di Turki

15

HARIANACEH.co.id – Sedikitnya 18 imigran tewas setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam di Laut Aegean, Turki, Minggu (6/3/2016). Kapal yang mereka tumpangi karam saat hendak menyeberang ke Yunani.

Lima belas imigran berhasil diselamatkan, sementara 18 lainnya ditemukan dalam keadaan tak bernyawa. Upaya penyelamatan dilanjutkan untuk mencari korban-korban lain.

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu akan berkunjung ke Brussels besok, Senin, 7 Maret. Dalam pertemuan bersama para pemimpin Uni Eropa itu akan dibahas berbagai strategi menangkal migrasi ilegal.

Pada 2015, setidaknya satu juta orang sudah tiba di Eropa melewati rute-rute ilegal. Kebanyakan dari mereka berasal dari Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia. Mereka mengungsi akibat kesulitan ekonomi dan konflik politik di negara asal. Mayoritas datang lewat Turki yang kebetulan berbatasan dengan Suriah, Iran, dan Irak.

Pada 2016, sekitar 135 ribu imigran sudah masuk ke Eropa, 126 ribu di antaranya melewati Turki, dan 418 imigran tercatat tewas. Termasuk 321 orang yang melintasi rute timur Mediterania dari Turki ke Yunani.

Sebelumnya Uni Eropa telah menawarkan Turki bantuan sebesar Rp3 miliar euro untuk menghentikan para migran. Krisis migrasi ini telah membuat para politisi utama Uni Eropa terbelah dan mengancam kebijakan perbatasan-terbuka blok tersebut.

loading...