HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Anggota OKI Didorong Wapres JK Serius Selesaikan Masalah Palestina

1

HARIANACEH.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berpendapat negara-negara anggota OKI harus bersatu untuk menyelesaikan konflik Palestina dengan Israel. Namun Palestina juga diminta menyelesaikan terlebih dahulu konflik internalnya, terutama di bidang politik.

“Yang pertama ialah bagaimana Hamas dan Fatah bersatu di Palestina,” tutur JK.

Pernyataan terlontar usai JK melakukan pertemuan bilateral dengan tiga negara di sela Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT LB OKI) di Jakarta Convention Center, Senin (7/3/2016).

KTT LB OKI ke-5 ini digelar untuk mendukung kemerdekaan Palestina dan menyelesaikan konflik di wilayah Al-Quds Al-Syarif. Di sela acara, JK menemui Azerbaijan, Turki dan Tunisia,

“Kita bahas kerja sama bilateral, membicarakan tentang situasi Timur Tengah, bagaimana meningkatkan hubungan perdagangan, people to people, cultural dan sebagainya,” ungkap JK.

“Dengan Tunisia kita sudah punya hubungan kerja sama cukup lama, dengan Azerbaijan, kita memiliki ekonomi yang baik, kita mengimpor banyak minyak dari sana. Sedangkan dengan Turki kan kita punya hubungan yang baik di semua bidang,” sambung dia.

Menurut JK, Indonesia memiliki peranan strategis dalam perdamaian Palestina. Namun Indonesia juga tidak dapat lepas dari negara lain seperti Turki, Mesir, Iran, dan Qatar yang mempunyai peranan politik yang penting di kawasan.

Sementara itu JK mengatakan Presiden Joko Widodo kemungkinan besar akan hadir dalam KTT OKI di Turki pada April mendatang.

loading...