HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Bantu Palestina, Indonesia-Pakistan Sepakat Ingin Terlibat Lebih

1

HARIANACEH.co.id – Pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Pakistan Mamnoon Hussain, menyepakati peranan lebih besar untuk membantu perjuangan Palestina.

“Tadi kita sepakat mengenai peranan yang lebih besar negara Islam untuk membantu perdamaian di Palestina juga di Timur Tengah. Kita sepakat bekerja sama menyuarakan perdamaian dan toleransi dan moderasi,” ujar Presiden Joko Widodo, di KTT LK OKI ke-5, di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (7/3/2016).

“Kita juga sepakat meningkatkan kerja sama ekonomi. Kita tahu Pakistan adalah pasar yang besar dengan penduduk 200 juta dan perdagangan kita ke Pakistan sudah melampaui USD2 miliar,” tuturnya.

Menurut Presiden jumlah itu masih di bawah potensi, masih banyak peluang. Pakistan mengundang Indonesia pun untuk bekerja sama lebih baik lagi untuk meningkatkan potensi.

Kita juga ingin meningkatkan kerja sama di bidang terorisme dan ekstremisme.

Presiden Pakistan mengundang saya ke Pakistan untuk lebih serius menggarap bidang kerja sama yang lebih detail.

Sebelumnya pada pembukaan KTT OKI ke-5 pagi tadi, Presiden Jokowi kembali mengingatkan, KTT ini merupakan momentum penting bagi dunia Islam merespons situasi yang dihadapi rakyat dan bangsa Palestina dewasa ini dengan langkah konkret. Selain itu Presiden juga menegaskan Indonesia akan selalu berada di garis terdepan dalam mendukung perjuangan rakyat Palestina.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan, Dunia Islam membutuhkan dukungan dari PBB sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya. Jokowi menyebutkan dunia Islam kembali menyerukan agar proses perdamaian jangan ditunda-tunda lagi untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina melalui solusi dua negara.

loading...