HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Demi Stabilitas Timur Tengah, Jokowi Minta Iran Menahan Diri

2

HARIANACEH.co.id – Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif beserta delegasi di sela Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT LB OKI) ke-5 di Jakarta.

Selain menyatakan komitmen kedua negara untuk mendukung kemerdekaan Palestina, Indonesia juga mengangkat isu ketegangan terkini antara Iran dengan Arab Saudi.

“Kami menyampaikan kepada Menlu Iran untuk disampaikan kepada Presiden Hassan Rouhani mengenai pentingnya menahan diri untuk menjaga stabilitas, keamanan dan perdamaian di Timur Tengah,” ucap Presiden Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (7/3/2016).

Indonesia dan Iran juga sepakat memperkuat kerja sama investasi. Indonesia akan berinvestasi di Iran untuk bidang-bidang yang berkaitan dengan minyak dan gas serta pupuk. Sementara Iran akan berinvestasi di Iran di bidang pembangkit listrik, baik hydromicro maupun yang digerakkan tenaga angin.

Hubungan perbankan dengan Iran juga akan segera dibuka. “Ketua OJK menyanggupi agar pengembangan dan perkuatan ekonomi Iran dan Indonesia bisa dilakukan,” tutur Jokowi.

Pertemuan bilateral lainnya digelar dengan Oman dan Sudan, yang juga sama-sama memberikan dukungan penuh untuk kemerdekaan di Palestina. Untuk kerja sama, Indonesia akan mendorong sektor perdagangan dengan Oman, yang sudah dipermudah berkat dibukanya jalur penerbangan langsung dari Muscat ke Jakarta dan sebaliknya. Indonesia juga menawarkan beragam produk andalan, baik di bidang otomotif, perikanan, konstruksi, furnitur dan lainnya.

Sementara dengan Sudan, beberapa perusahaan swasta Indonesia berencana meningkatkan investasinya, terutama di bidang perminyakan.

loading...