HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Gubernur Michigan Didesak Hillary dan Sanders Mundur atas Krisis Air

1

HARIANACEH.co.id – Dua kandidat calon presiden dari Partai Demokrat, Hillary Clinton dan Bernie Sanders, mendesak Gubernur Michigan Rick Snyder untuk mengundurkan diri terkait krisis air mengandung timbal.

Clinton dan Sanders sama-sama mendesak mundur Snyder dalam pembukaan acara debat Demokrat di Flint, Michigan, Amerika Serikat, seperti dilansir NBC, Minggu (6/3/2016).

Setelah pernyataan Sanders yang mendesak Snyder untuk lengser, Clinton berkata: “Saya akan memulai acara dengan mengamini (pernyataan Sanders) itu.”

Sebelumnya Sanders sudah beberapa kali mendesak Snyder mundur, namun Clinton baru melakukannya kali ini.

Sistem pipa berkarat di Flint membuat air yang mengalir di dalamnya menjadi bercampur timbal selama lebih kurang satu tahun. Peristiwa ini terus terjadi meski warga berulang kali mengeluhkan air yang terlihat kotor dan bau.

Salah seorang penonton di acara debat menanyakan apakah kandidat Demokrat mau berkomitmen membersihkan timbal di lebih dari 10 juta pipa air ledeng di seantero AS.

“Saya akan berkomitmen melakukannya dan mengambil langkah yang lebih jauh lagi. Saya juga akan membersihkan timbal dari tanah di seluruh negara,” tutur Clinton.

Clinton meneruskan dominasinya di bagian selatan Negeri Paman Sam dari Sanders lewat kemenangan di Super Tuesday dan Saturday.

Negara bagian selanjutnya yang akan berpartisipasi dalam pemilu pendahuluan adalah Michigan pada 8 Maret dan Ohio serta Florida pada 15 Maret.

Pilpres AS dijadwalkan berlangsung pada 8 November mendatang.

loading...