HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Jokowi Diundang Presiden Abbas Kunjungi Yerusalem

4

HARIANACEH.co.id – Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa (KTT LB) Organisasi Kerja sama Islam ke-5, berakhir. Presiden Palestina Mahmoud Abbas pun mengundang Presiden Joko Widodo untuk mengunjungi Yerusalem.

Abbas menegaskan tidak ada yang bisa memisahkan Al-Quds Al-Sharif dari Palestina. “Tindakan Israel yang ingin mengubah identitas dan sejarah bangsa Palestina tidak bisa dimaafkan,” tegas Abbas, dalam konferensi pers KTT LB OKI di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (7/3/2016).

“Kejadian yang didera Palestina adalah ulah Israel. Mereka ingin mengubah identitas dan sejarah. Agresi berulang di Masjid Al-Aqsa dan situs lainnya seperti gereja sangat tidak bisa dimaafkan,” tegasnya.

Tokoh yang biasa disebut pula dengan Abu Mazen juga mengundang Presiden Joko Widodo untuk mengunjungi Palestina dan Al-Quds Al-Sharif.

“Kami mengundang Presiden Jokowi dan masyarakat internasional untuk mengunjungi Palestina dan Al-Quds Al-Sharif. Semua pihak bisa melihat pendudukan Israel,” imbuh Abbas.

Dua dokumen itu antara lain, pertama adalah Resolusi yang menegaskan kembali posisi prinsip dan komitmen OKI terhadap Palestina dan Al-Quds Al-Sharif. Resolusi ini diharapkan sejalan dengan kehendak rakyat Palestina.

Kedua, adalah Deklarasi Jakarta yang merupakan inisiatif Indonesia. Deklarasi ini memuat rencana aksi konkret para pemimpin OKI untuk penyelesaian isu Palestina dan Al-Quds Al-Sharif.

Adapun Sekretaris Jenderal OKI Iyad Amin Madani juga mengapresiasi Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ini. Iyad menambahkan, KTT Luar Biasa OKI ini ditujukan juga untuk mengidentifikasi agresi dari Israel terhadap masjid, gereja dan tempat suci yang ada di Yerusalem.

loading...