HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

KTT LB OKI ke-5 Resmi Dibuka Presiden Joko Widodo

2

HARIANACEH.co.id – Presiden Joko Widodo resmi membuka Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT LB OKI) ke-5 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Senin (7/3/2016).

“Diawali dengan lantunan ayat-ayat suci Al Quran Nur Karim, KTT LB OKI ke-5 mengenai Palestina dan Al-Quds Al-Syarif secara resmi dibuka,” ucap Presiden Jokowi di tengah sejumlah petinggi negara sahabat.

Setelah resmi dibuka, acara dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan KTT LB OKI ke-5, Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Soukry.

Acara akan dilanjutkan dengan pernyataan dari Presiden Jokowi sebagai tuan rumah, pernyataan Mahmoud Abbas sebagai Presiden Palestina dan Iyad Amin Madani sebagai Sekjen OKI.

KTT LB OKI ke-5 akan membahas isu Palestina dan Al-Quds Al-Syarif. Dari perundingan tersebut akan dihasilkan dua hasil, yaitu Kerangka Resolusi dan Deklarasi Jakarta.

Menurut Menlu Retno Marsudi, dokumen resolusi akan berisi konfirmasi kembali negara-negara OKI dengan fokus Palestina dan Yerusalem yang menjadi lokasi Masjid al-Aqsa. Sementara, dokumen deklarasi akan lebih padat dan singkat, berisi langkah konkret ke depan untuk menindaklanjuti hal-hal yang disepakati negara-negara OKI terkait Palestina dan Yerusalem.

KTT Luar Biasa OKI akan membahas enam isu terkait permasalahan Palestina, Pertama,  masalah perbatasan, dimana wilayah Palestina dari waktu ke waktu semakin menyusut karena dikuasai oleh Israel.

Kedua, masalah pengungsi Palestina yang tidak bisa kembali ke tempat asalnya. Ketiga, masalah status Kota Jerusalem yang dianggap Kota Suci oleh tiga agama, yakni Yahudi, Nasrani dan Islam.

Keempat adalah masalah pemukiman ilegal Israel yang terus mengerogoti wilayah Palestina juga menjadi hal yang belum bisa terselesaikan. Kelima, masalah keamanan dan terakhir, masalah distribusi air bersih yang terus menjadi isu konflik yang terjadi di kedua negara tersebut.

loading...