HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Nilai Tukar Rupiah Ditutup Stabil di Rp13.084/USD

1

HARIANACEH.co.id – Pergerakan nilai tukar terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada penutupan perdagangan di sore ini terpantau stabil menguat. Sepanjang hari ini, nilai tukar rupiah mampu bertahan di level Rp13.000 per USD, sejalan dengan efek yang mulai terasa dari berbagai macam kebijakan yang sudah dilakukan pemerintah.

Mengutip Bloomberg, Senin 7 Maret, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.084 per USD. Sementara itu, menurut Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.029 per USD. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.090 per USD.

Untuk diketahui, nilai tukar rupiah pada pembukaan perdagangan pagi tadi terpantau terus mengalami penguatan, sejalan dengan sejumlah kebijakan yang sudah dilakukan agar nilai tukar rupiah tidak terus menerus tertekan oleh USD. Bahkan, gerak rupiah diprediksi akan menuju level Rp13.000 per USD.

Mengutip laman Bloomberg, Senin 7 Maret, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi menguat ke posisi Rp13.032 per USD jika dibandingkan dengan gerak sebelumnya yang berada di level Rp13.131 per USD. Sementara itu, berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah parkir di posisi Rp13.005 per USD jika dibandingkan dengan pergerakan sebelumnya.

Sebelumnya, analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta membeberkan jika nilai tukar rupiah akan melanjutkan penguatan hingga Jumat sore ketika mayoritas kurs di Asia menguat terhadap dolar AS, hal ini sejalan dengan penguatann IHSG dan SUN.

Menurut Rangga, kombinasi antara membaiknya prospek pertumbuhan domestik, keengganan the Fed menaikkan Fed Fund Rate (FFR) serta naiknya harga komoditas masih menjadi pemicu utama penguatan rupiah.

“Hari ini penguatan rupiah berpeluang berlanjut menyusul kenaikan Brent sebesar lima persen pada akhir pekan lalu. Tetapi penguatan rupiah bisa terhalangi sentimen negatif dari data Tiongkok yang buruk,” jelasnya.

loading...