HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Di Perairan Hawaii, Ilmuwan Temukan ‘Gurita Hantu’

1

HARIANACEH.co.id – Tim ilmuwan menemukan seekor gurita aneh yang diduga belum pernah dilihat sebelumnya di lepas pantai Hawaii, Amerika Serikat (AS).

Bertubuh putih pucat, gurita dengan delapan tentakel ini terlihat mirip dengan tokoh kartun hantu baik hati Casper. ‘Hantu’ ini ditemukan di kedalaman 4.000 meter di lepas pantai Pulau Necker, yang merupakan area milik kepala maskapai Virgin, Richard Branson.

Peneliti menduga gurita Casper itu berasal dari tipe incirrate octopod, yang tidak memiliki sirip atau cirri (semacam filamen yang ditemukan di alat penghisap di bagian tentakel).

Selain berbeda dengan octopod lainnya, Casper ini juga tidak terlihat berotot.

“Ini hampir dipastikan merupakan sebuah spesies yang belum pernah dideskripsikan sebelumnya, dan mungkin tidak masuk dalam genus mana pun,” kata National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), seperti dilansir cnet.com, Minggu (6/3/2016).

Pakar hewan NOAA Michael Vecchione mengatakan kepada National Geographic bahwa kita semua hanya sedikit mengetahui mengenai kehidupan di dasar laut.

Menurut data Badan Survei Geologi AS (USGS), sekitar 71 persen permukaan Bumi ditutupi air, baik itu lautan, sungai, danau dan lainnya.

Hingga sejauh ini, manusia baru mengeksplorasi kurang dari lima persen lautan di Bumi, sementara 95 persen sisanya masih menjadi misteri.