HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Peta Dunia untuk Penyandang Disabilitas Disediakan Access Earth

1

HARIANACEH.co.id – Berawal dari pengalaman pribadi, Matt McCann tahu betapa sulitnya mencari tempat tujuan yang mengakomodasi penyandang disabilitas.

Karena itulah, McCann lalu membuat Access Earth, sebuah web platform dan juga aplikasi yang mengumpulkan data dari penggunanya tentang tempat umum yang memiliki fasilitas untuk memudahkan penyandang disabilitas.

McCann menjelaskan, kota-kota seperti Dublin dan London yang memiliki aristektur tua biasanya memiliki bangunan yang menyulitkan penyandang disabilitas.

Biasanya, para pemilik bisnis bahkan tidak menyadari cara-cara sederhana untuk membantu para penyandang disabilitas, misalnya dengan membuat landasan di samping tangga untuk memudahkan pengguna kursi roda.

Menurut Mashable, dengan Access Earth, McCann dan Ryan O’Neill – yang bertanggung jawab atas pengembangan bisnis – ingin membuat sebuah platformglobal untuk membantu penggunanya memberikan dan mencari informasi tentang hotel, restoran, bioskop, stadion dan tempat umum lainnya yang mengakomodasi penyandang disabilitas.

Dengan begitu, diharapkan, pengguna dapat merencanakan perjalanan mereka dengan memeriksa apakah toko yang hendak mereka kunjungi memiliki pintu besar yang memudahkan pengguna kursi roda masuk ataukah sebuah restoran memiliki kamar mandi yang memadai.

Access Earth

Saat ini, McCann dan O’Neill bekerja penuh waktu untuk mengembangkan Access Earth. Untungnya, mereka juga memiliki teman dan sukarelawan yang bersedia membantu. McCann dan O’Neill juga berpartisipasi dalam Imagine Cup dari Microsoft di Seattle, Washington dan Enactus World Cup di Johannesburg, Afrika Selatan.

McCann dan O’Neill mungkin tidak memenangkan dua kompetisi tersebut, dan perlahan tapi pasti, Access Earth mulai mendapatkan perhatian. Salah satu juri Enactus bahkan mendorong mereka untuk mengembangkan platform ini, kata McCann.

Sekarang ini, Access Earth masih berada dalam tahap pengembangan. Sebagian besar datanya masih berpusat di Dublin, meski semua orang di dunia sudah dapat mengakses situs ini. McCann dan O’Neill juga bekerja sama dengan beberapa organisasi asal Irlandia untuk membantu mereka membuat kriteria bangunan yang mendukung penyandang disabilitas.

McCann dan O’Neill masih fokus untuk mengumpulkan data sebanyak mungkin. Ke depan, mereka berencana untuk membuat aplikasi mobile. Selain itu, mereka juga ingin mengumpulkan pengguna sebanyak-banyaknya sebelum mendekati para pelaku bisnis untuk bekerja sama.

loading...