HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ponsel Versi Murah dengan Baterai Jumbo Namanya Lenovo VIBE P1m

1

HARIANACEH.co.id – Sementara beberapa vendor ponsel berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan fitur selfie yang eksklusif, Lenovo menjadi perusahaan dengan pemikiran yang berbeda. Mereka merasa bahwa baterai ponsel yang tahan lama juga memiliki daya tarik tersendiri.

Selain VIBE P1 Turbo, Lenovo Indonesia juga merilis satu varian ponsel yang mempunyai daya baterai besar. Lenovo VIBE P1m adalah versi mungil dari VIBE P1 Turbo, yang bisa dilihat pada ukuran, spesifikasi dan desain yang diusung. Target pasar VIBE P1m juga berbeda, yaitu untuk konsumen yang mempunyai dana terbatas. Apakah ponsel ini sanggup bersaing dengan smartphone lainnya? beikut ulasan kami.

Desain

Seperti yang sudah dijelaskan, Lenovo VIBE P1m mempunyai ukuran yang lebih kecil dari VIBE P1 Turbo. Smartphone ini menggunakan layar 5 inci dengan panel IPS. Ciri khas ponsel Lenovo adalah tampilan depan yang identik  dengan bingkai layar hitam yang dilengkapi tiga tombol sentuh dengan lambang yang unik: menu,home, dan back.

Berhubung fokus ke baterai, Lenovo VIBE P1m memilii ukuran secara keseluruhan yang lebih gemuk. Ponsel ini tidak akan bisa menyaingin ketipisan beberapa pesaingnya akibat komponen baterai dengan daya yang lebih besar.

baterai.JPG

Beralih ke bagian pinggir, Lenovo VIBE P1m menyematkan tombol volume danpower di bagian kiri. Satu hal yang unik dari peletakkan antarmuka fisik adalah sepasang speaker yang terletak di pinggiran bawah. Biasanya, sepasang speakerdipisahkan oleh port micro USB. Letak port micro USB dan port audio 3,5mm justru berada di pinggiran atas. Desain yang tidak biasa ini membuat sisi bawah Lenovo VIBE P1m seperti “kosong”.

Pada bagian pinggir kiri, Anda bisa melihat satu tombol tambahan yang berfungsi mengatur daya baterai. Begitu diaktifkan, Lenovo VIBE P1m akan menggunakan mode profil hemat baterai, yang akan membuat layar menjadi hitam, dan hanya memberpbolehkan beberapa fungsi penting tetap berjalan.

DSC05769

Lenovo VIBE P1m mengusung konsep tidak unibody, yang memungkinkan pengguna membuka penutup belakang. Penutup belakang ini memiliki tekstur karet, yang memubatnya cukup kuat ketika digenggam. Kekurangannya, bagian penutup ini mudah kotor, terutama jika tangan Anda mudah berkeringat. Membuka penutup memungkinkan pemasangan dua kartu SIM dan satu kartu micro SD tanpa harus membuka baterai.

Software & Antarmuka

Lenovo VIBE P1m mengadopsi OS Android 5.1 Lollipop, pastinya dengan antarmuka VIBE UI. Tidak seperti VIBE P1 Turbo yang menyediakan pilihan Android versi standar, pengguna tidak bisa mengganti profil Android pada ponsel ini.

VIBE UI dalam P1m menyediakan beberapa fungsi khusus untk mengaktifkan ponsel dari gesture, sama seperti smartphone lainnya. VIBE UI pada ponsel ini juga dilengkapi beberapa aplikasi bawaan dari pihak ketiga, seperti BaBe. Anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi tersebut jika tidak dipakai.

User Interface

Pada mode hemat baterai yang bisa aktif melalui tombol khusus, Lenovo VIBE P1m secara otomatis mengurangi konsumsi daya yang sebagaian besar dari layar. Oleh karena itu, layar akan menjadi hitam, dengan beberapa akses aplikasi atau fungsi lainnya yang memakai tampilan lebih sederhana. Mode hemat baterai ini memang cukup berguna ketika daya baterai VIBE P1m sudah kurang dari 15 persen.

Bagian notifikasi sebenarnya menjadi slaah satu keunggulan Lenovo VIBE P1m. Dengan swipe ke bawah dua kali, pengguna dapat mengakses beberapa shortcutdengan ikon yang lebih ramah ketimbang Android standar.

Kamera

Lenovo VIBE P1m tidak memiliki kamera yang mempu menghasikan kualitas foto yang tajam. Kamera belakang 8MP bisa memenuhi kebutuhan foto standar penggunanya, dan tidak akan sanggup memenuhi keperluan foto yang cenderung profesional. Kekurangan ini berlaku untuk perekaman foto dalam berbagai kondisi, baik dalam kondisi cahaya cukup, lebih dari cukup, kurang, atau sama sekali kurang.

Ditambah lagi, tidak ada efek khusus yang ditawarkan melalui software, sehingga jika Anda ingin mengambil momen berharga dengan kualitas wah, jangan berharap banyak dari ponsel ini.

Hasil Jepretan Kamera

Begitupun dengan kamera depan, Lenovo VIBE P1m juga tidak memiliki sesuatu yang menonjol. Di sisi lain, kamera ini masih bisa merekam foto selfie dalam keadaan cahaya yang kurang memadai.

Performa & Baterai

Sementara beberapa pesaingnya menggunakan Snapdragon 410, Lenovo VIBE P1m menyematkan prosesor Mediatek MT6735P @1.0 GHz quadcore. Prosesor ini menggunakan arsitektur 4 x ARM Cortex-A53 dengan GPU Mali-T720MP2.

Berduet dengan RAM 2GB, ponsel ini mampu menghasilkan performa komputasi yang tidak kalah dengan pesaingnya, seperti yang bisa Anda lihat pada grafik di bawah ini. Namun, jika kita berbicara performa visual, prosesor ini masih kalah dengan Snapdragon 410, walau masih bisa dipakai untuk bermain game kelas menengah. Untuk bermain Asphalt 8: Airborne, Anda bisa merasakan pengalaman bermain yang optimal pada pengaturan terendah.

Berbicara mengenai daya tahan baterai, seperti yang sudah dirancang, Lenovo VIBE P1m bisa melibas para pesaingnya. Ponsel ini sanggup bertahan selama 11 jam tanpa henti, sementara pesaingnya paling lama bisa beroperasi selama 8 jam. Sebagai informasi tambahan, pengujian baterai dengan PCMark dirancang untuk menguras daya tahan baterai dalam pengoperasian penuh, terutama untuk menjalankan aplikasi berat terus-menerus.

PerformaBaterai

Berbicara soal panas, Lenovo VIBE P1m tidak menghasilkan panas berlebih saat menjalankan aplikasi berat. Dengan kata lain, pengguna bisa menggunakan ponsel ini dalam waktu yang lama, tanpa perlu khawatir soal panas. Hanya saja, penutup belakang dengan material karet ini mudah kotor kita tangan Anda mudah berkeringat saat digunakan dalam waktu yang tidak sebentar.

Kesimpulan

Dibanderol Rp2 juta, Lenovo VIBE P1m adalah ponsel dengan baterai jumbo yang tepat untuk konsumen. Lebih spesifiknya, ponsel ini cocok untuk Anda enggan mencari kontak listrik saat berada di luar rumah atau kantor.

Dengan pemakaian standar, ponsel ini bisa aktif sampai 1,5 sampai 2 hari untuk sekali pengisian penuh. Perlu diingat bahwa, Lenovo VIBE P1m hanya menonjolkan kapasitas baterai yang besar, sehingga Anda jangan mengharapkan fitur kamera atau fitur unik lain yang melimpah darinya, terutama jika tidak berhubungan dengan baterai.

Lenovo VIBE P1m
Prosesor MediaTek MT6735P
RAM 2GB
OS Android  5.1 Lollipop + VIBE UI
GPU Mali-T720MP2
Memori Internal 16GB
Kamera 8MP (belakang), 5MP (depan)
Dimensi 141 x 71,8 x 9,3 mm
Bobot 148 gram
Baterai 4.000 mAh
Layar 5 inci 1280 x 720 pixel
Harga Rp1.999.000
loading...