HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Risiko Kanker Paru-paru Bisa Meningkat Jika Sering Makan Roti Putih

1

HARIANACEH.co.id – Studi yang dirilis belum lama ini menemukan, mengonsumsi makanan dan minuman dengan indeks glikemik (IG) tinggi, seperti roti putih, bagel, sereal jagung, dan jipang meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Indeks Glikemik menjadi ukuran kualitas karbohidrat sebuah makanan. Sebuah makanan dikatakan memiliki indeks glikemik tinggi, indikatornya seberapa cepat kadar gula meningkat setelah makan makanan tersebut.

Penelitian yang diterbitkan jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention ini menunjukkan adanya hubungan antara IG tinggi dengan kanker paru-paru. Kasus tersebut sangat menonjol pada sub-kelompok tertentu.

Contohnya, seperti kanker paru-paru yang ditemukan pada mereka yang bukan perokok.

Para peneliti menganalis 1.905 pasien yang baru didiagnosis dengan kanker paru-paru, dan 2.413 orang yang sehat. Para peserta diminta melaporkan bagaimana kebiasaan makan dan riwayat kesehatan.

“Kami mengamati 49 persen peningkatan risiko kanker paru-paru pada responden yang memiliki IG harian tinggi, dibanding mereka dengan IG harian rendah,” kata penulis studi Xifeng Wu, profesor di The University of Texas MD Anderson Cancer Centre, Amerika Serikat.

Kesimpulannya, Indeks glikemik (IG), ukuran kuantitas karbohidrat, memiliki hubungan yang signifikan dengan risiko kanker paru-paru.

“Karbohidrat yang dikonsumsi sangat mungkin memodulasi risiko kanker paru-paru,” kata Wu.

Sementara, peningkatan kanker paru-paru pada perokok hanya berjumlah 31 persen. Jadi, tidak semua kasus kanker paru-paru disebabkan tembakau.

Pada studi ini, para peneliti tidak merekomendasikan diet khusus. Mereka menyarankan untuk membatasi makanan dan minuman yang mengandung IG tinggi.

Makanan dengan IG rendah contohnya, gandum, oatmeal, dan pasta.

loading...