HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Risiko Perkembangan Penyakit Sistem Saraf Dapat Diturunkan Kopi

3

HARIANACEH.co.id – Sebuah studi menemukan, minum kopi secara rutin berkaitan dengan dengan penurunan risiko perkembangan penyakit Multiple Sclerosis (MS). Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit yang menyerang sistem saraf pusat, tepatnya otak dan sumsum tulang belakang.

Masih berdasarkan penelitian, orang yang suka minum kopi memiliki kemungkinan terkena penyakit tersebut sepertiga kali lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak.

“Kami mengamati hubungan yang signifikan antara konsumsi tinggi kopi dan penurunan risiko MS,” ujar Anna Hedstrom, pemimpin penelitian sekaligus mahasiswa doktoral di bidang kedokteran lingkungan di Institut Karolinska, Swedia sebagaimana dilansir Foxnews, Senin (7/3/2016).

Penelitiannya ditulis dalam studi meta-analisis dan telah diterbitkan pada 3 Maret lalu dalam Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry.

Sebelumnya, hasil penelitiannya juga pernah dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Academy of Neurology, pada februari 2015. Ini menjadi kali pertama penelitiannya diterbitkan dalam jurnal ilmiah kelompok.

Dalam studi tersebut, para peneliti melihat hasil dua studi dengan menganalisis 2.779 orang dengan MS dan 3960 orang tanpa MS. Peneliti menemukan, orang yang mengonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir [900 ml per hari) memiliki risiko 29 persen lebih rendah terkena MS daripada mereka yang jarang minum kopi.

Studi ini menunjukkan adanya asosiasi, bukan hubungan sebab-akibat antara minum banyak kopi dan penurunan risiko MS. Ada kemungkinan, kafein memiliki efek perlindungan pada otak dan sumsum tulang belakang, demikian penjelasan studi tersebut.

Pada orang yang menderita MS, sistem kekebalan tubuh menyerang pelindung yang disebut myelin. Myelin mengelilingi serabut saraf. Kerusakan ini membuat otak kesulitan berkomunikasi dengan seluruh tubuh. Akibatnya, timbul gejala seperti kelemahan otot, koordinasi yang buruk, penglihatan kabur dan sakit.

Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat korelasi kopi dengan penurunan risiko MS. Di sisi lain, para ilmuwan menambahkan, analisis mereka memiliki keterbatasan.

José Maria Andreas wijnands dan Elaine Kingwell, ahli saraf di University of British Columbia, Kanada mengungkapkan, ada tantangan terkenal yang tak dapat diuraikan antara faktor makanan dan risiko penyakit.

“Meskipun masih harus dibuktikan apakah minum kopi dapat mencegah perkembangan MS, hasil menyeluruh telah memberi bukti, ada efek kesehatan yang menguntungkan dari kopi,” tulis para penulis editorial.

Kopi memang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan selama beberapa tahun terakhir, termasuk menurunkan risiko serangan jantung, melanoma dan bahkan kematian dini. Penelitian terbaru, kopi juga  dikaitkan dengan peningkatan kesehatan hati.

loading...