HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Saat Gerhana Matahari Total Nanti, 11 Provinsi Bakal Gelap

1

HARIANACEH.co.id – Sebanyak tujuh kota besar di 12 provinsi akan mengalami gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret. Wilayah itu bakal kehilangan cahaya matahari hingga 100 persen.

Kepala Pusat Meteorologi Publikasi BMKG Mulyono Prabowo mengatakan, sebagian wilayah Indonesia berada pada lintasan orbit bulan yang mengitari bumi. Ada kalanya, posisi bulan menutupi matahari. Akibatnya cahaya matahari ke permukaan bumi terhalangi bulan.

“11 provinsi itu berada pada satu garis lurus lintasan bulan. Wilayah itu kekurangan sinar matahari lantaran bulan menghalangi sinar matahari,” jelas Mulyono, Senin (7/3/2016).

BMKG mencatat, kota Palu, menjadi kota paling terdampak gerhana matahari total. Kota ini mengalami kekurangan cahaya mencapai 100 persen. “Gelap gulita. Bayangan bulan jatuh di 12 wilayah itu,” kata Wahyu.

Sementara kawasan lain, juga mengalami kekurangan cahaya namun tidak mencapai 100 persen. “Kalau daerah di luar itu, juga mengalami gerhana matahari, namun tidak total,” ujarnya.

Kepala Badan BMKG Andi Eka Sakya mengatakan, gerhana matahari total 2016 akan berlangsung selama 1 hingga 3 menit. “Fenomena ini dapat disaksikan secara utuh di Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara,” ujar Andi di Gedung BMKG, Jalan Angkasa I, Kemayoran, Kamis 11 Februari.

Sementara itu kota-kota besar yang diperkirakan akan dilalui gerhana matahari total adalah Bengkulu, Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu, dan Ternate.

loading...