HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sel Isolasi LP Cipinang Jadi Tempat Labora Sitorus

1

HARIANACEH.co.id – Labora Sitorus tiba di Lembaga Permasyarakatan (LP) Cipinang, Jakarta Timur. Ia akan ditempatkan di sel isolasi LP Cipinang.

Labora tiba di LP Cipinang, Senin 7 Maret, sekitar pukul 15.05 WIB. Dia dibawa menggunakan bus tahanan  Kementerian Hukum dan HAM.

Dirjen Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Kusmiantha Dusak mengatakan, Labora diberangkatkan dari Sorong, Papua Barat, sekitar pukul 11.00 WIT dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pukul 13.44 WIB. Labora langsung di bawa ke LP Cipinang.

“Sesampainya di LP, dia kembali dicek kesehatan. Secara umum, kondisinya baik-baik saja,” kata Dusak di LP Cipinang.

I Wayan Kusmiantha Dusak di LP Cipinang, Jakarta Timur
I Wayan Kusmiantha Dusak di LP Cipinang, Jakarta Timur. (MTVN/Damar Iradat)

Pihak LP Cipinang telah menyiapkan sel khusus untuk Labora. Labora akan ditempatkan di sel A109 yang merupakan sel isolasi berukuran 2 x 4 meter.

Pengamanan sel Labora, lanjut Dusak, akan diperketat. Personel pengamanan bakal ditambah, namun Dusak tidak menyebut berapa personel yang akan menjaga sel Labora.

Dusak menilai, sejauh ini sel isolasi  Labora belum perlu dipasang kamera closed circuit television (CCTV). “Kami sedang evaluasi tingkat risiko. Kami lihat nanti apakah dia kooperatif atau tidak,” ujar Dusak.

Labora, terpidana kasus pencucian uang dan pembalakan liar, menyerahkan diri ke Mapolres Sorong sekitar pukul 03.00 WIT.

Jumat 4 Maret, Labora seharusnya dieksekusi ke LP Cipinang. Namun, saat tim Kemenkumham dan ratusan polisi dari Polres Sorong mendatangi rumah Labora di Tampa Garam, Kecamatan Rufei, Sorong, Papua Barat, Labora kabur.

Pada 13 September 2014, Mahkamah Agung menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara terhadap Labora. Labora mempertanyakan dasar hukum yang digunakan MA dalam memutus kasasi perkaranya.

Labora sering mengaku sakit agar bisa menghirup udara bebas. Saat diizinkan berobat keluar dari tahanan, ia malah menghadiri pernikahan keluarganya.

loading...