HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Demi Lihat Gerhana Matahari, Warga Sewa Jasa Pawang Hujan

1

HARIANACEH.co.id – Fenomena gerhana matahari total, Rabu 9 Maret akan menjadi peristiwa bersejarah di Indonesia. Warga Jakarta pun dapat menikmati gerhana matahari esok pagi.

Sayangnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca Jakarta esok hari bakal turun hujan. Sehingga besar kemungkinan gerhana matahari akan ditutupi awan hujan.

Tak ingin ketinggalan fenomena langkah ini ada sejumlah warga di Jakarta pun rela memboyong jasa pawang hujan. Tujuannya agar melihat gerhana matahari lebih jelas dan tak terutup awan hujan.

“Ada (orderan) besok di daerah Cilangkap, Jakarta Timur,” kata Pawang Hujan, Haji Romi, Selasa (8/3/2016).

Romi mengaku permintaan menggawangi hujan esok berhubungan erat dengan gerhana matahari total. Sejumlah persiapan juga sudah dilakukan Romi untuk melayani permintaan masyarakat.

“Persiapannya mulai jam 12 malam ini. Saya salat dan bakar ayat saja,” ucap dia blakblakan.

Dengan persiapan tersebut, Romi yakin warga dapat menikmati gerhana matahari tanpa terhalangi awan hujan. Terlebih, dia mengaku sudah banyak dimintai tolong oleh warga. “Insya Allah besok tidak hujan,” tandas dia.

Besok Jakarta akan kebagian sekitar 88 persen gerhana matahari. Sedangkan gerhana matahari total bisa langsung dilihat oleh warga 12 provinsi di Indonesia: Sumatera Barat (Pulau Pagai Selatan), Sumatra Selatan (Palembang), Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung (Tanjung Pandan), Kalimantan Tengah ( Palangkaraya ), Kalimantan Timur (Balikpapan), Kalimantan Barat , Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah (Palu, Poso, Luwu), Maluku Utara (Ternate dan Maba).

loading...