HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Diaspora, Langkah Dekatkan Suriname dan Indonesia

9

HARIANACEH.co.id – Diaspora Indonesia akan didorong untuk mempererat kerja sama ekonomi dan pariwisata antara Indonesia dan Suriname.

Hal ini dibahas oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M Fachir pada pertemuan bilateral dengan utusan khusus atau penasihat Presiden Suriname Winston G. Lackin di sela-sela KTT LB OKI 2016 di Jakarta.

“Warga Suriname keturunan Indonesia cukup banyak jumlahnya di Suriname dan saya yakin keberadaan mereka akan semakin mempererat hubungan bilateral kedua negara,” ungkap Wamenlu Fachir di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (7/3/2016).

Pada pertemuan tersebut, Wamenlu juga meminta utusan khusus Presiden Suriname untuk mendorong pemberian fasilitas bebas visa kunjungan singkat bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin berkunjung ke Suriname.

Selain itu, utusan khusus Suriname juga menyampaikan ketertarikannya untuk belajar lebih banyak lagi mengenai teknologi pertanian.

Kedua negara pun sepakat untuk menjajaki kerja sama kemitraan kedua bank sentral dan mendorong kerja sama pebisnis kedua negara.

Diaspora Indonesia adalah orang-orang Indonesia yang menetap di luar Indonesia. Istilah ini berlaku bagi orang-orang yang lahir di Indonesia dan berdarah Indonesia yang menjadi warga negara tetap ataupun menetap sementara di negara asi.

loading...