HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

IDEA rilis Peringkat Webometrics Perguruan Tinggi di Aceh

3

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Aceh semakin lama semakin berkembang dan diharapkan bisa bersaing di level nasional, terutama setelah didirikannya KOPERTIS XIII Wilayah Aceh beberapa tahun yang lalu. Keberhasilan Universitas Syiah Kuala (Unysiah) menjadi salah satu dari sedikit Perguruan Tinggi yang berakreditasi A di Indonesia membuktikan bahwa sebenarnya PTN dan PTS di Aceh memiliki daya saing yang bagus.

Setelah pada Februari 2016 yang lalu Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) merilis peringkat PTN dan PTS di Indonesia, PTN dan PTS di Aceh harus lebih giat berbenah untuk memperbaiki kegiatan Tridharma Perguruan Tingginya, karena hanya dengan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian dari Dosen dan Mahasiswanyalah Perguruan Tinggi dapat maju.

Awal Maret 2016, Komunitas IDEA yang bergerak di bidang pendidikan merilis peringkat Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Aceh berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Webometric, salah satu perangkat atau sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui Website kampus tersebut.

Peringkat Webometrics yang dimulai sejak tahun 2004 ini bisa menjadi patokan bagi calon mahasiswa dalam memilih universitas terbaik yang ada di Indonesia maupun di dunia. Webometrics telah melakukan pemeringkatan terhadap 20.000 perguruan tinggi dari 200 negara. Bagaimana dengan PTN dan PTS di Aceh?

Program Manager IDEA, Jurnalis J. Hius mengatakan PTN dan PTS di Aceh mulai menggeliat memperbaiki dan memaksimalkan fungsi Websitesnya sebagai Pusat Informasi Kampus, sehingga ada pergerakan yang signifikan di peringkat Webometric. “Unsyiah masih menjadi Kampus nomor 1 di Aceh, selain karena PTN terbaik, mahasiswa dan dosennya pun banyak, sehingga aktifitas Websitesnya pun ramai, ini sangat berpengaruh di penilaian Webometric”, Imbuh Jurnalis dalam keterangan tertulis yang diterima HARIANACEH.co.id, seraya menambahkan bahwa beberapa kampus yang memiliki mahasiswa yang ramai belum tentu memiliki peringkat yang bagus, karena mereka tidak memanfaatkan websitesnya.

Pemeringkatan Webometrics di Indonesia dapat diakses melalui alamat situs http://webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20. Masyarakat dapat melihat kampus mana yang telah diakui secara international sebagai kampus World Class University di Indonesia.

IDEA merilis pemeringkatan PTN dan PTS di Aceh yang diambil dari data Webometric dan menyajikannya kepada masyarakat akademik dan non akademik. (lihat tabel)

Peringkat Webometric kampus aceh

Webometric mengacu pada paramater penilaian seperti Presence, yakni Jumlah halaman web host dalam webdomain utama (termasuk semua subdomain dan direktori) dari universitas yang diindeks oleh mesin pencari Google. Penilaian ini menghitung setiap halaman web. Penilaian selanjutnya adalah Impact, yaitu banyaknya tautan luar yang merujuk pada websites kampus tersebut. “keaktifan menulis dari dosen dan mahasiswa sangat bermanfaat untuk menambah nilai dari visibility websites, Indikatornya adalah produk dari jumlah backlink dan jumlah domain yang berasal dari backlink tersebut, sehingga tidak hanya penting popularitas link tetapi juga keragaman link”, tambah Jurnalis JH.

Selanjutnya penilaian bersumber dari Openess, yakni banyaknya jumlah berbagai jenis file yang dirujuk (baik upload maupun download) dari websites kampus. Keaktifan petugas administrasi di kampus memanfaatkan websites sebagai salah satu jalur komunikasi di kampus sangat berperan disini, karena berkas-berkas yang selama ini dipakai dirubah menjadi softfile yang lebih hemat penyimpanan dan pengadaan.

Penilaian selanjutnya adalah Excellence, penilaian ini mengacu pada seberapa banyak tulisan ilmiah yang dipublikasikan dan terindex di dunia internet yang merujuk pada webites kampus.

Jurnalis JH menjelaskan, “Dari 4 penilaian tersebut, terlihat kerjasama semua elemen kampus mulai dari tenaga kependidikan, tenaga didik serta peserta didik untuk bisa ikut bekerjasama memajukan kampus melalui Sistem Informasi kampus”. Pada zaman serba teknologi sekarang, Websites kampus bukanlah sebuah hal yang susah untuk dibuat dan dikelola, selain memudahkan dan menghemat, pemanfaatan Websites sebagai pusat informasi kampus sangat membantu calon mahasiswa menemukan berbagai informasi tentang kampus impiannya.

Sudah saatnya PTS dan PTN di Aceh bangkit memperbaiki peringkat kampusnya untuk bisa sejajar dengan Universitas Syiah Kuala sebagai Jantong Hatee Rakyat Aceh. Peringkat Webometric bukanlah tujuan akhir, banyak sekali penilaian pemeringkatan seperti 4ICU, THES dan ARWU. Di Indonesia, selain dari Kementrian, juga terdapat pemeringkatan Tesca, dimana Aceh hanya mendaftarkan 1 kampus dalam Tesca, yakni Universitas Malikussaleh Lhokseumawe (UNIMAL)

loading...