HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Penyebab Kenapa Seseorang Kecanduan Media Sosial

8

HARIANACEH.co.id – Dulu, otak manusia perlahan membesar. Namun, pembesaran otak manusia ini berhenti pada sekitar 20 ribu tahun lalu. Sejak saat itu, otak manusia justru mulai mengecil.

Profesor Bruce Hood, seorang psikologis eksperimental yang mengambil spesialisasi di bidang developmental cognitive neuroscience, percaya hal ini disebabkan manusia sekarang hidup di era yang relatif damai.

Dia berkata, seperti yang dilansir dari Sky News, dulu, manusia harus dapat bertahan hidup dalam era yang memaksa mereka untuk terus bertarung tanpa henti. Sekarang ini, manusia telah menjadi “penggosip natural” yang otaknya terus ingin berkomunikasi dengan orang lain.

Keberadaan media sosial memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan cakupan yang lebih luas.

“Fakta bahwa banyak orang terdorong untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui media sosial bukanlah hal yang mengherankan,” kata Hood. “Otak kita telah berevolusi, menjadikan kita sebagai makhluk sosial.”

Dia lalu menjelaskan, “Satu hal yang menarik adalah Anda mungkin akan berpikir eksposur pada pandangan yang berbeda-beda melalui media sosial akan membuat kita menjadi berpikiran lebih terbuka. Tapi pada kenyataannya, yang terjadi justru sebaliknya. Seseorang memiliki kemungkinan lebih besar untuk menjadi bagian dari grup kecil di dunia online daripada di dunia nyata.”

Dia membuat pernyataan ini dalam buku terbarunya, Domesticated Brain. Dia berkata, saat masyarakat berada bersama komunitas yang membuat mereka nyaman, otak mereka akan menjadi santai karena mereka tidak merasa harus mengalahkan orang-orang yang ada di sekitar mereka.

Inilah yang menandai mulainya “group intelligence” alias kecerdasan kolektif yang akan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

loading...