HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Korut Dituding Korsel Telah Meretas Sejumlah Ponsel Pejabat

1

HARIANACEH.co.id – Korea Selatan menuding Korea Utara telah meretas telepon genggam milik sejumlah pejabat penting, Selasa (8/3/2016).

Badan Intelijen Nasional Korsel (NIS) mengatakan Korut telah mencuri nomor telepon dan pesan singkat dari sejumlah pejabat kunci Seoul, antara akhir Februari hingga awal Maret.

Peretas dari Korut juga diduga mengirimkan banyak surat elektronik phisingkepada karyawan dua operator kereta api untuk mencuri kata sandi atau password. Serangan ini bertujuan meretas sistem kereta api di Seoul.

“Korut telah melancarkan serangkaian serangan di dunia maya setelah uji coba nuklir pada 6 Januari,” tulis pernyataan NIS, seperti dilansir AFP.

“Jika dibarkan, maka akan berujung pada kekacauan finansial, seperti lumpuhnya sistem internet perbankan dan adanya transfer uang yang tak diinginkan,” lanjutnya.

Seoul telah menyalahkan peretas dari Korut atas serangkaian serangan di dunia maya terhadap institusi militer, bank, agensi pemerintah, kantor berita dan situs media serta pembangkit listrik tenaga nuklir.

Amerika Serikat (AS) juga mengatakan Korut berada di balik serangan dunia maya terhadap sebuah unit film Hollywood atas film kontroversial bertema Pyongyang, “The Interview.”

loading...