HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Masyarakat Diajak Ulama Aceh Salat Sunah Gerhana

4

HARIANACEH.co.id – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengajak masyarakat untuk melaksanakan salat sunah gerhana esok, Rabu 9 Maret. Pelaksanaan salat bisa dilakukan di rumah maupun di masjid.

Wakil Ketua MPU Aceh Tgk. Faisal Ali mengatakan pelaksanaan salat sunah gerhana akan dimulai pukul 07.30 WIB atau saat puncak gerhana matahari terjadi. “Salat sunah gerhana ini boleh dilakukan saat masyakat sudah melihat gerhana,” jelas Faisal Ali, Selasa (8/3/2016).

Gerhana matahari total yang melintasi wilayah Indonesia merupakan fenomena alam biasa. Faisal mengingatkan masyarakat tidak mengaitkan proses gerhana dengan hal-hal yang berbau mistis, seperti kiamat dan lain sebagainya. Dia juga mengajak masyarakat untuk memperbanyak ibadah dan zikir usai melaksanakan salat sunah gerhana.

Informasi yang dihimpun Metrotvnews.com, salat sunah gerhana di Banda Aceh dan Aceh Besar akan dipusatkan di 10 titik. Mereka di antaranya Masjid Baiturrahim Ulee Lheue, Masjid Agung Al-Makmur Lamprit, Masjid Jami’ Unsyiah, Masjid Al-Fitra Ketapang, Masjid Al-Hayat Labui, Masjid LANUD Blang Bintang, Masjid Lampenerut, Markas Dakwah Islam Beurawe, dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Fikri.

Seperti yang diketahui, wilayah Aceh akan mengalami gerhana matahari sebagian (GMS) dengan magnitude 75 persen hingga 86 persen. Sementara, Kota Banda Aceh matahari akan tertutup piringan bulan sebesar 76 persen sehingga warga hanya bisa melihat matahari berbentuk sabit.

loading...