HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Oesman Sapta Ingatkan Bahaya Internet bagi Pelajar

3

HARIANACEH.co.id – Sudah menjadi suatu kewajiban kepada murid untuk menanyakan suatu hal yang tidak dimengerti kepada gurunya. Namun pada zaman serba canggih ini, murid cenderung mencari informasi di internet daripada bertanya langsung kepada gurunya.

Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta menceritakan perbandingan suasana kelas pada zamannya dengan zaman sekarang. Jika zaman dulu, murid menanyakan semua hal kepada gurunya, maka sekarang murid bisa menanyakan semua hal melalui mesin pencari Google.

“Google bisa memberi rujukan bersifat positif maupun negatif,” ujar Oesman di Labschool Rawamangun, Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Oesman mengkhawatirkan beberapa hal. Menurutnya, guru selalu memberikan rujukan positif, namun tidak dengan Google. Sebagai mesin pencari, Google akan memberi jawaban semua tanpa disaring terlebih dahulu.

“Di Google tidak hanya memberi tahu siapa penemu bom, namun juga cara merakit bom bisa diunduh. Hal inilah yang bisa memicu orang melakukan tindakan berbahaya,” jelas Oesman.

Hal demikian tidak akan terjadi pada guru karena guru tidak akan mengajari hal yang membahayakan. “Guru melarang murid menjadi teroris,” ucapnya menegaskan.

Menyikapi perkembangan teknologi informasi, Oesman Sapta mengajak masyarakat lebih bijak dan arif.

“Efek atas teknologi harus disikapi dengan baik,” kata Oesman.

loading...