HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

PM Israel Benjamin Netanyahu Menolak Bertemu Obama di AS

2

HARIANACEH.co.id – Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menolak tawaran untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama di Gedung Putih pada akhir bulan ini.

PM Netanyahu juga membatalkan kunjungannya ke Washington, demikian disampaikan pihak Gedung Putih.

Keputusan Netanyahu untuk membatalkan kunjungannya menandai babak baru dalam hubungannya dengan Obama yang belum membaik terkait kesepakatan nuklir internasional tahun lalu dengan Iran, musuh bebuyutan Israel.

“Kami menantikan pertemuan bilateral dan kami cukup terkejut karena PM Netanyahu membatalkan kunjungannya,” kata Juru Bicara Gedung Putih Ned Price dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Selasa (8/3/2016).

Selain itu, kantor televisi berita Israel mengutip sumber-sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan bahwa keputusan Netanyahu tampaknya didorong oleh keengganan dianggap campur tangan di kampanye pemilihan presiden AS.

“Belum ada waktu yang tepat untuk pertemuan mereka, sebelum Obama berangkat ke Kuba,” ujar salah seorang pejabat Israel.

Gedung Putih pun mengatakan Wakil Presiden AS Joe Biden akan melakukan kunjungan ke Timur Tengah dan akan mengunjungi Israel akhir pekan ini dan akan mengadakan pembicaraan dengan Netanyahu.

loading...