HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Sosok Konsul Kehormatan RI di Palestina Namanya Maha Abou Shushes

2

HARIANACEH.co.id – Presiden Joko Widodo menunjuk Maha Abou Shushe sebagai Konsul Kehormatan RI di Palestina. Tetapi siapa sosok perempuan berusia 53 tahun ini?

Pada pernyataan penutup Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa (KTT LB) Organisasi Kerja sama Islam (OKI), Senin 7 Maret kemarin, Presiden Jokowi mengumumkan Abou Shushes sebagai mata dan telinga Indonesia di Ramallah, Palestina.

Tetapi tidak banyak tahu mengenai sosok perempuan yang juga pengusaha di Palestina. Dia dikenal sebagai sosok yang menginisiasi Forum Pengusaha Perempuan Palestina (BWF).

Lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang dibentuk 2006 ini, bertujuan untuk membantu memperkuat peran pengusaha perempuan di Palestina. Selain itu BWF berupaya membantu perekonomian Palestina melalui advokasi, memperluas jaringan dan memperluas layanan usaha.

Berdasarkan keterangan dari situs BWF, Selasa 8 Maret, anggota BWF dan pendonornya berasal dari seluruh wilayah di Tepi Barat dan Gaza.

Sebagai Ketua BWF, Abou Shushe terus melakukan tugas yang relevan dengan tujuan BWF yakni menjadi wadah bagi pengusaha perempuan dalam lingkungan usaha di Palestina. Berbagai kegiatan dilakukan oleh Abou Susheh melalui BWF.

Abou Shushe juga dekat dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah dan juga Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki.

Sosok perempuan yang dikenal tangguh ini juga memiliki pandangan tersendiri mengenai perekonomian Palestina. Hal ini diungkapkannya kepada Alsafeernews.com pada 2005 silam.

“Status perbatasan (Palestina) menjadi permasalahan utama bagi perdagangan dan transportasi di Palestina,” tutur Abou Shushe.

Presiden Jokowi menyebutkan Abou Shushe dalam waktu dekat akan diresmikan sebagai Konsul Kehormatan RI di Ramallah, Palestina.

“Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan ridha-Nya agar KTT ini menghasilkan kesepakatan nyata untuk segera merealisasikan hak-hak sah bangsa dan rakyat Palestina,” tutur Presiden Jokowi di Jakarta Convention Center, Senin (7/3/2016).

Shushe dikenal aktif mempromosikan pengusaha Palestina ke luar negeri. Salah satunya mengadakan Forum Kerja sama Palestina-Belanda. Dalam forum ini, Menteri Ekonomi kedua negara membahas lingkungan investasi di Palestina.

Bagi Abou Shushe, misi ekonomi tingkat tinggi dan partisipasi perempuan dalam lingkungan ekonomi, bisa memberikan peran besar bagi perempuan di Palestina. Khususnya, ekonomi Palestina bisa terbantu dan perempuan Palestina bisa terdorong untuk memulai proyeknya sendiri.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time