HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Djarot: Maju Pilgub Lewat Independen Rawan Digagalkan

2

HARIANACEH.co.id – Tak biasa, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat memberikan peringatan kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Djarot mengingatkan Ahok, sapaan Basuki untuk berhati-hati maju ke pemilihan gubernur (pilgub) dari jalur independen.

“Saya harus sampaikan pada pak Ahok. Hati-hati loh. Jalur independen rawan untuk digagalkan. Sangat rawan. Jadi harus hati-hati,” kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/3/2016).

Kader PDI Perjuangan ini menjelaskan jalur independen bakal menuai banyak risiko. Risiko datang bukan hanya saat prapemilihan saja. Namun Djarot berujar jalur independen juga riskan bagi Ahok saat menjalani roda pemerintahan jika terpilih.

“Kan bukan hanya sekadar menang. Pasti selalu berhubungan dengan lembaga yang lain. Tidak bisa sendiri,” ucap Djarot.

Djarot mengatakan kehadiran partai sangat penting dalam roda pemerintahan karena dilindungi oleh Undang-Undang. Sementara, jalur independen, lanjut Djarot, hanya dilindungi oleh sebatas relawan. “Jadi partai itu bukan perkumpulan golf, itu beda,” ungkap dia.

Kendati demikian mantan wali kota Blitar ini menyerahkan sepenuhnya keputusan tersebut kepada Ahok. Dia bilang jalur independen adalah hak Ahok yang tak dapat diintervensi oleh orang lain. “Tapi kalau Pak Ahok yakin independen enggak apa-apa itu hak beliau,” tandas dia.

loading...