HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Gara-gara Gerhana Matahari, Planetarium Ramai Dikunjungi Warga

2

HARIANACEH.co.id – Ribuan warga ibu kota sudah memadati Planetarium dan Observatorium Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta yang terletak di Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (9/3/2016). Warga ingin menyaksikan langsung Gerhana Matahari Parsial.

“Ini pengalaman langka,” kata salah seorang warga, Alam di lokasi, Rabu (9/3/2016).

Alam mengaku datang bersama seorang temannya. Ia tiba di lokasi sekitar 03.30 WIB. Alam punya cerita khusus untuk memastikan diri tidak melewatkan pengalaman yang ia yakini seumur hidup sekali.

“Saya nginap di sekitar TIM ini. Rumah saya di Pancoran,” ungkap Alam.

Bahkan, karena fenomena alam langka ini, membuat Alam menginjakkan kaki pertama kali di Planetarium. Padahal, Alam sering mondar-mandir di sekitar kompleks TIM.

“Biasanya saya tidak pernah sempat. Tapi karena ini sesuatu yang tidak pernah sama dinikmati jika dilihat dari internet, saya usahakan datang. Apalagi ini pengalaman seumur hidup,” ungkap dia.

Alam juga mengutarakan, hal yang pertama yang membuat dirinya ingin melihat karena begitu masifnya pemberitaan di berbagai media. “Awalnya sih karena ini hits banget. Jadi saya juga tertarik,” tandas dia.

Pihak Planetarium menggelar nonton gerhana matahari parsial melalui live streaming. Terdapat dua layar lebar yang terpasang di sekitar Planetarium.

Dalam kesempatan ini, Planetarium menyediakan 4.700 kaca mata khusus menonton gerhana matahari secara gratis. Ribuan warga sudah mulai mengantri mendapatkan kaca mata sejak pukul 03.00 WIB.

Pantauan Metrotvnews.com di lokasi, antrian tampak mengular menuju dua loket pengambilan kaca mata. Hingga pukul 05.27 WIB, panitia mengumumkan sisa kaca mata yang tersedia.

“Stok kaca mata tinggal sekitar 300. Mohon maaf, kalau sudah antre dan sudah sampai di loket, ternyata tidak dapat,” ujar panitia melalui pengeras suara.

loading...