HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Gerhana Matahari Total Jadi Ajang ‘Eksis’ di Media Sosial

1

HARIANACEH.co.id – Masyarakat Jakarta antusias melihat fenomena langka gerhana matahari total (GMT). Kebanyakan warga berusaha mengambil gambar fenomena langka ini dengan berbagai cara.

Ria, warga Jakarta Barat yang menyaksikan GMT di Masjid Istiqlal mengaku tak mau kalah dengan warga lain yang berlomba mengunggah gambar ke media sosial.

“Ya pengen aja update kayak yang lain, walaupun enggak bisa lihat full ya,” kata Ria di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (9/3/2016).

Beberapa warga lain juga terlihat melakukan hal yang sama. Ada yang menggunakan kaca mata khusus GMT, ada pula yang menggunakan kaca film rontgen demi menyaksikan secara jelas fenomena alam yang terjadi dalam 350 tahun sekali ini.

Hari ini Jakarta akan kebagian sekitar 88 persen gerhana matahari. Sedangkan gerhana matahari total bisa langsung dilihat oleh warga 12 provinsi di Indonesia, yakni Sumatera Barat (Pulau Pagai Selatan), Sumatra Selatan (Palembang), Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung (Tanjung Pandan), Kalimantan Tengah ( Palangkaraya ), Kalimantan Timur (Balikpapan), Kalimantan Barat , Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah (Palu, Poso, Luwu), Maluku Utara (Ternate dan Maba).

loading...