HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Hal-Hal Yang Mesti Diketahui Soal Gerhana Matahari Total

11

HARIANACEH.co.id – Fenomena gerhana matahari total menjadi peristiwa yang tak boleh dilewatkan. Selain langka, gerhana matahari total dimanfaatkan untuk perkembangan ilmu pengetahuan.

Ada beberapa hal yang mesti diketahui soal gerhana matahari tahun ini. Dilansir dari website Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berikut empat hal unik terkait GMT.

1. Gerhana matahari saat memasuki fase total akan membuat perilaku hewan malam berubah. Hewan malam seperti burung hantu, kelelawar dan musang akan bertindak lebih waspada. Suasana akan beralih senyap saat burung berhenti bernyanyi. Dalam keadaan seperti ini hewan ternak seperti ayam dan lainnya bersiap untuk tidur.

2. Gerhana matahari total terpanjang hari ini 9 Maret 2016 akan berlangsung selama 4 menit 9 detik. Sementara durasi terpanjang yang pernah tercatat adalah sepanjang 3,5 menit.

3. Gerhana matahari akan kembali berlangsung di tempat sama dalam periode 350 tahun.

4. Kegelapan yang datang dari gerhana matahari total 20 Maret 2015 menurunkan produksi tenaga surya di kawasan Uni Eropa sebanyak 35 GW atau setara dengan tiga kali dari energi yang dihasilkan semua pembangkit listrik tenaga nuklir di Inggris.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time